Konsumsi Umbi Bit Tingkatkan Stamina

Editor: KRjogja/Gus

KETIKA menyambangi kios penyedia aneka sayur sering ditemukan umbi bit (beetroot). Jenis umbi ini secara sepintas mirip bengkoang, hanya saja berwarna keunguan. Selain kaya kandungan gizi, umbi bit juga diyakini mempunyai beberapa khasiat kesehatan, bahkan harga di pasaran cukup terjangkau berbagai kalangan.

Salah satu cara memanfaatkan umbi bit, yaitu dibuat minuman kesehatan jenis jus. Minuman seperti ini antara lain dapat berperan dalam usaha menjaga serta meningkatkan stamina, sehingga dalam menjalankan kegiatan sehari-hari tak gampang merasa letih.

seperti dikutip dari harianmerapi.com, asupan umbi bit juga dapat dijadikan sumber vitamin C maupun B, sehinga dapat berperan dalam menjaga serta meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. Tak ketinggalan dapat mendukung kalori ataupun energi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan jenis umbi ini dapat menjadi musuh anemia secara alami. Alasannya, asupan umbi bit dapat membantu mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

Hanya saja tanaman umbi bit, lebih cocok ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1.000 m di atas permukaan air laut. Ketika ditanam di dataran rendah, baik di tanah langsung, menggunakan pot serta plastik polybag bisa juga, tetapi kualitas umbinya dan pertumbuhan tanaman biasa kurang maksimal. Selain itu ada syarat penting lain agar bit tumbuh dengan baik antara lain tanahnya subur, gembur dan lembap. Waktu tanam bit idealnya pada awal musim hujan atau akhir musim hujan.

BERITA REKOMENDASI