Kopi Sebabkan Penyakit Jantung, Ini Jawaban Dokter

Editor: KRjogja/Gus

Dr Antono Sutandar, SpJP(K) dari Siloam Hospital Kebon Jeruk mengatakan bahwa kopi memiliki stimulan dan efek yang mirip dengan minuman berenergi.

"Kopi itu sifatnya seperti stimulan. Termasuk minuman berenergi. Hal ini membuat adrenalin, tekanan darah, dan detak jantung naik sedikit. Kalau enggak ada masalah jantung, minum kopi pun tidak masalah," terangnya saat forum diskusi kesehatan bertema 'Mengenali Gejala Penyakit Jantung' di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2016).

Kopi bukanlah penyebab terjadinya penyakit jantung. Menurut dr Antono, kopi memang bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan jantung. Jika dikonsumsi tidak berlebihan, sebenarnya tidak ada masalah berkaitan dengan gangguan jantung.

"Kalau ada masalah jantung, kopi ini bisa menjadi trigger, tetapi bukan penyebab masalah jantung. Tapi, kopi bukanlah trigger satu-satunya. Saya selalu bilang kepada pasien, untuk minum kopi cukup minum sedikit-sedikit saja, cukup satu (cangkir) saja," ungkapnya.

Meski kopi dapat dikonsumsi secara moderat, bukan berarti seseorang dapat mengonsumsinya secara berlebihan demi faktor kesehatan. Dr Antono juga menekankan bahwa kopi bukanlah satu-satunya faktor pencetus gangguan jantung, masih ada faktor pemicu lainnya. Ia mengingatkan pula, kopi bukan faktor utama penyebab masalah jantung. (*)

BERITA REKOMENDASI