Kulit Pisang Mampu Atasi Migren, Ini Cara Mengolahnya

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh tidak diragukan lagi. Buah pisang tidak hanya dikonsumsi buahnya saja  namun, ternyata kulit pisang juga dapat mendukung kesehatan.

Dilansir dari harianmerapi.com bahkan ada pula yang memanfaatkan kulit pisang sebagai pakan ternak seperti kambing dan sapi maupun pupuk tanaman. Jadi, sebaiknya kulit pisang jangan dibuang.

Sejumlah sumber menyebutkan, dengan izin Yang Maha Kuasa bagian kulit pisang bisa untuk mencegah dan melawan jerawat.

Cara sederhananya, yaitu diawali dengan mencuci muka sampai bersih menggunakan sabun pembersih wajah. Lalu dikeringkan dengan handuk, lalu mengambil kulit pisang secukupnya.

Bagian dalam dari kulit pisang tersebut digosokkan pada daerah yang ingin diobati sampai kulitnya berubah menjadi cokelat. Sebelum dibilas dengan air bersih, dibiarkan dahulu sekitar 30 menit.
Bisa juga dilakukan pada malam hari, lalu dibiarkan semalam dan dicuci bersih pada keesokan harinya.

Ada lagi yang memanfaatkan bagian kulit pisang sebagai musuh migrain. Caranya, yakni cukup menggiling kulit pisang yang sudah matang sampai menjadi adonan seperti bubur.Hasilnya dibalurkan pada bagian dahi, pelipis dan belakang leher. Dalam sehari dapat dilakukan dua atau tiga kali, sampai migrennya teratasi.Sedangkan untuk membantu memutihkan gigi dengan memanfaatkan kulit pisang, yaitu memilih pisang yang baru saja matang alias tak terlalu matang.

biasanya ditandai dengan sedikit warna hijau pada bagian ujungnya. Jika memilih yang terlalu matang, kulitnya biasa sudah lembek dan sulit digunakan.
Setelah itu kulit pisang dikupas dari ujung bawah ke atas. Hasilnya, bagian dalam kulit pisang tersebut digosokkan pada gigi, sisi atas dan bawah, selama kisaran satu menit.

Diusahakan setiap gigi terlapisi sepenuhnya dengan gosokan dari kulit pisang tersebut. Langkah selanjutnya dibiarkan selama 10 menit agar kandungan dalam kulit pisang bisa bekerja maksimal.

Setelah tahap tersebut segera menyikat gigi untuk membersihkan sisa-sisanya. Cara menyikat gigi dengan gerakan melingkar selama sekitar tiga menit.
Lalu dilanjutkan dengan berkumur-kumur dan membilas dengan air mengalir. Jika bisa dilakukan setiap malam, sebelum tidur selama satu minggu, semoga bisa dirasakan hasilnya.

Tak ketinggalan, ada literatur menyebutkan kombinasi kulit pisang dengan daging buahnya dapat digunakan sebagai ikhtiar melawan batuk akibat paru-paru panas maupun sesak napas.

Caranya cukup dengan mengukus dua buah pisang yang sudah matang dengan kulitnya. Asupan alami ini dikonsumsi pada waktu pagi hari saat perut kosong dan malam hari sebelum tidur.

Jika untuk membantu menghentikan kegemaran minum minuman beralkohol, yaitu dapat merebus kulit pisang sebanyak 60 gram dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Hasilnya diminum dalam keadaan masih hangat setelah disaring.

BERITA REKOMENDASI