Labu Siam Sikat Radikal Bebas

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN jenis labu sudah banyak dikenal masyarakat dari berbagai kalangan. Beberapa jenis labu ada yang cocok dicampurkan pada minuman alami. Ada juga dicampurkan pada beberapa jenis masakan. Ketika rutin dikonsumsi antara lain akan mendukung kesehatan secara alami.

Sebagai contoh, yakni labu siam atau sering disebut juga jipang. Manfaat atau khasiat kesehatannya, antara lain mampu membantu melawan dan membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Selain itu mampu membantu melawan dan membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Tak ketinggalan labu siam bisa ikut membantu melawan perut kembung, sebab dalam labu siam juga mengandung zat diuretik yang bermanfaat mengobati gangguan kesehatan pada perut.

Sedangkan kandungan antioksidan seperti apigenin dan luteolin pada labu siam dipercaya mampu membantu melawan dan membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Setiap 100 gram labu siam mengandung sebanyak 125 gram potassium yang bermanfat sebagai sumber stamina bagi tubuh. Sebagai ramuan alami musuh batu ginjal, yaitu cukup merebus daun labu siam secukupnya. Lalu air rebusan ini disaring serta diminum tiga sampai lima kali sehari. Jika sebagai obat tumit hitam, yakni menggunakan getah labu siam. Caranya, getah cukup dioleskan di tempat tersebut, dibiarkan hingga kering setelah itu dicuci tumit hingga bersih.

Selain itu, olahan labu siam juga dapat membantu mengatasi dan mencegah darah tinggi atau hipertensi. Lalu kandungan antioksidan, misalnya juga bisa berperan menjadi musuh radikal bebas. Dengan kata lain bisa membantu membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.

Lain halnya dengan labu kabocha, antara lain sering dijadikan bahan campuran dalam kolak, es buah sampai menjadi bahan membuat kue. Rasanya yang enak dan manis mampu meningkatkan selera makan, baik anak-anak sampai lansia. Daging jenis labu ini pun mengandung aneka vitamin sampai mineral yang ikut mendukung kesehatan.

Manfaat kesehatannya, antara lain dapat membantu melawan anemia atau kurang darah. Caranya cukup dengan mengkonsumsi kabocha atau labu Jepang secara teratur sebagai menu sehari-hari. Salah satu alasannya, karena kandungan zat besinya mampu membentuk hemoglobin dan sel darah merah di dalam tubuh. Adanya kandungan vitamin C dalam kabocha antara lain bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

BERITA REKOMENDASI