Lada Peredam Tubuh Demam

LADA atau merica termasuk bumbu dapur dengan segudang manfaat kesehatan. Artinya juga dapat dijadikan sebagai obat alami, baik untuk membantu mencegah maupun melawan aneka keluhan kesehatan. Seperti diyakini oleh salah satu warga Tempel Sleman, Marsono, pemanfaatan lada tak hanya untuk bumbu aneka jenis masakan. Pasalnya, lada memiliki khasiat obat alami dan resepnya cukup mudah dilakukan berbagai kalangan. Adapun pemanfaatan lada bisa secara tunggal ataupun perlu dikombinasi bahanbahan berkhasiat lain.

“Saya yakin, merica atau lada meski ukurannya kecil-kecil namun ada banyak manfaat kesehatannya,” ungkap Marsono, baru-baru ini. Gangguan kesehatan seperti muntah setelah makan, dapat dilawan dengan lada. Caranya, sebanyak satu gram lada dicampurkan pada minuman jahe hangat. Sebelum diminum, dapat pula disaring terlebih dahulu. Hasil penyaringan air jahe hangat, bisa ditambah madu murni secukupnya. Minuman hangat berkhasiat seperti ini dapat diminum dua atau tiga kali sehari sampai keluhan kesehatan tersebut teratasi.

Lain halnya jika digunakan sebagai musuh bebuyutan demam dan keputihan. Bahan yang dibutuhkan, yaitu lima sampai tujuh butir lada serta sebutir telur. Resep sederhananya, telur dibuatkan lubang kecil untuk memasukkan lada ke dalamnya. Setelah itu telur dibungkus kain lembab dan direbus sampai matang. Sebelum disantap dalam keadaan hangat, telur dikupas  terlebih dahulu. “Cara seperti rutin bisa dilakukan setiap hari selama satu minggu, sehari bisa dua kali,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI