Lada Peredam Tubuh Demam

Sementara itu Sriyono yang tinggal di Kasihan Bantul mengakui juga bahan alami wujud merica, tak hanya untuk bumbu dapur. Bahan alami ini pun memiliki banyak manfaat kesehatan, misalnya untuk membantu memperlancar sirkulasi darah, menjaga dan meningkatkan stamina badan. Resep yang dapat diterapkan, yakni menggunakan dua rimpang jahe sebesar ibu jari, dua butir lada.

Masih ditambah lagi, satu butir jeruk nipis, satu butir telur ayam kampung, dua sendok teh bubuk kopi dan satu sendok makan madu. Cara meramunya, jahe dicuci, diparut dan ditambah segelas air masak lalu diperas. Lalu ditambah air jeruk nipis, kuning telur lalu dicampur dengan semua bahan lainnya. Bahan ini diaduk sampai merata dan segera diminum. Idealnya cukup diminum seminggu sekali. “Bumbu dapur lain yang memiliki khasiat obat alami, misalnya ada bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala dan kapulaga,” tambah Sriyono.

Kapulaga diyakini dapat membantu mengatasi keluhan kesehatan seperti kejang perut, rematik,
batuk dan pegal-pegal maupun capek-capek. Bahkan dapat berperan pula dalam melawan demam, masuk angin, menjaga stamina serta memulihkan tenaga. Jika digunakan untuk melawan kejang perut, yaitu dapat memanfaatkan semua bagian tanaman kapulaga termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam. Setelah itu disaring dan airnya diminum. Sedangkan untuk demam, bisa dengan merebus bagian batang tanaman selama lebih kurang seperempat jam, lalu disaring dan airnya diminum.

Sebagai musuh alami serangan batuk, yaitu dapat memanfaatkan bagian buah kapulaga, misalnya cukup dikunyah-kunyah. “Bawang merah dan bawang putih yang termasuk jenis bumbu populer,
banyak juga manfaat kesehatannya,” tandas Sriyono.

BERITA REKOMENDASI