Lantana Camara Mampu Atasi Keluhan Nyeri Otot

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN jenis tanaman berkhasiat sudah banyak dikenal berbagai kalangan. Namun ada pula yang belum banyak dikenal, sehingga masih perlu disosialisasikan lewat berbagai media. Tak jarang pula, ada jenis tanaman berkhasiat obat mempunyai nama berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Tanaman lantana camara termasuk yang mempunyai khasiat kesehatan dan masih perlu banyak disosialisasikan. Bagian tanaman yang biasa digunakan sebagai obat alami, misalnya bagian daun, bunga dan kulit batang dari lantana camara. Sebagai contoh dapat dijadikan musuh nyeri otot, pegal linu, nyeri karena rematik, nyeri pinggang dan keseleo. Bahkan bisa menjadi musuh bebuyutan gangguan kesehatan wujud bengkak, luka serta memar.

Resep sederhananya, yaitu memilih bagian daun yang mempunyai kualitas bagus, tidak terlalu muda maupun terlalu muda dengan jumlah secukupnya. Setelah itu dicuci bersih menggunakan air mengalir, daun-daun tersebut cukup dilumatkan. Selanjutnya ditempelkan pada bagian tubuh yang nyeri, memar, bengkak maupun luka. Sehari dapat diganti dua atau tiga kali, diharapkan keluhan kesehatan tersebut bisa segera teratasi.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, khasiat kesehatan lain dari lantana camara, misalnya dapat berperan menjaga serta meningkatkan nafsu makan. Cara yang bisa diterapkan, yakni cukup dengan mengkonsumsi air rebusan kulit pohon tembelekan. Sedangkan untuk membantu mengatasi masalah pada sistem pencernaan, yaitu cukup mengonsumsi seduhan tujuh gram bunga tembelekan bubuk menggunakan segelas air panas. Khasiatnya antara lain dapat membantu mengatasi diare dan sakit perut.

BERITA REKOMENDASI