Lebih Efektif Mana PenggunaanMasker Kain, Bedah dan N95?, Berikut Penjelasan Pakar Kesehatan

PEMERINTAH dan WHO akhirnya menyatakan penggunan masker sehari-hari penting. Tidak harus sedang batuk atau pilek, karena wabah Covid-19 yang tak kunjung usai. Ini untuk menjaga kesehatan kita dan orang lain. Efektif manakah penggunaan masker kain dan masker bedah bagi para penggunanya? Simak jawaban para ahli kesehatan berikut ini :

Masker Kain

Menurut Dr dr Erlia Burhan MSc, Sp (K) Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UI/RS Persahabatan, menggunakan masker kain sebagai alternatif. Namun masker kain ini diperuntukkan untuk warga yang sehat, tak ada gejala infeksi saluran napas, seperti hidung tersumbat, berair, batuk dan nyeri tenggorokan.

Masker kain juga bisa menekan transmisi 50%-70%, tergantung bahan yang digunakan. Ada 4 jenis masker, yakni masker kain, bedah, N95 dan facepiece respirator. Guna masker kain, bagi masyarakat sehat, digunakan di tempat umum atau fasilitas umum lainnya,
namun harus tetap jaga jarak 1-2 meter.

Bagi tenaga medis, tidak disarankan menggunakan masker kain, sebab 40-90% partikel masih mampu menembus masker. Idealnya, digabungkan dengan pelindung wajah. Masker kain memang bisa dipakai ulang, dicuci bersih. Masker kain dapat menjadi pilihan akhir, dibandingkan sama sekali tidak menggunakan.

BERITA REKOMENDASI