Lengkuas Manjur Mengobati Asma

Editor: Ivan Aditya

LENGKUAS dalam bahasa Jawa-nya disebut laos selama ini dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Sekilas lengkuas mirip dengan jahe atau kunyit, sehingga banyak orang yang keliru membedakan satu sama lain.

Dalam Serat Jampi Jawi yang memuat hampir 291 macam ramuan pengobatan tradisional, disebutkan salah satunya adalah lengkuas atau laos.

“Yen sira nemahi lara seseg, watuk cekoh, asma sing marakake awak lara kabeh, ombenana wedang laos. Mesthi banjur lega, ilang watuk utawa cekohmu,”. Bilamana kamu merasa sesak napas, batuk yang menggila membuat badan menjadi sakit minumlah ramuan lengkuas, pasti batukmu reda dan hilang seketika.

Batuk dan sakit tenggorokan yang mengganggu, dapat disembuhkan dengan mengonsomsi lengkuas. Sebagai ekspektoran, berguna untuk mengatasi penyakit pernafasan seperti batuk dan sakit tenggorokan. Demikian salah satu petunjuk, tentang sifat dan khasiat lengkuas atau laos.

Lengkuas kaya akan vitamin C, bisa memperbaiki atau meremajakan sel-sel kulit dan menjaga kulit agar tampak muda, atau menghambat proses penuaan. Menyembuhkan penyakit kulit, panu, luka bakar dan gatal-gatal. Caranya, dengan mengoleskan digosok daging lengkuas atau laos pada areal kulit yang terifenksi panu, dua sampai tiga kali sehari. Bilamana alergi udang, ikan dan lain sebagainya, bisa minum ramuan lengkuas setiap hari sebagai upaya pencegahan.

Untuk yang punya penyakit asma, batuk membandel baik berdahak maupun tidak bisa minum ramuan lengkuas pagi atau sore. Caranya, potong lengkuas secukupnya kemudian disedu dengan air panas, bisa ditambah madu atau gula aren sedikit. Niscaya, batuk anda akan segera hilang. Hal ini, karena lengkuas memiliki sifat antiinflamasi, pereda batuk asma.

Disamping itu, terbukti lengkuas bisa menjaga kesehatan otak. Kandungan antioksidan, bisa mengurangi plak beta amyloid di otak atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeneratif. Menurunkan kolesterol, dengan meminum ramuan lengkuas secara rutin. Hal ini karena ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak, secara alami. Demam akibat infeksi, adanya virus ternyata lengkuas sangat efektif sebagai obat alami menghilamgkan demam. Hal ini karena lengkuas sebagai antibakteri dapat menghambat bakteri patogen.

Yang lebih mencengangkan, adalah lengkuas terbukti membantu meningkatkan kesuburan priya. Akar lengkuas bermanfaat untuk meningkatkan motilitas dan jumlah sperma sehingga meningkatkan kesehatan umum, kalau motilitas dan sperma meningkat, dapat juga mempengaruhi pembuahan.

Lengkuas atau laos bisa dibudidayakan dengan mudah, tak heran banyak petani atau kelompok tani memanfaatkan tanah pekarangannya atau kebun untuk bertanam lengkuas. Salah satunya Ahmad Badawi (68) warga Gamplong 3, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman ini juga menyediakan lengkuas dalam polybag atau pot yang dijual murah meriah antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000. setiap harinya. (Sutopo Sgh)

BERITA REKOMENDASI