Lodeh 7 Warna Mampu Tangkal Corona, Ternyata Ini Kandungan Gizinya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Beberapa waktu yang lalu warga masyarakat DIY menerima pesan aplikasi berantai yang isinya himbauan memasak sayur Lodeh 7 Warna. Sayur lodeh dipercaya mampu menangkal pageblug atau wabah seperti pandemi virus covid-19 saat ini.

Masjid Pathok Negara Plosokuning sudah melaksanakan memasak sayur tersebut sebagai salah satu upaya yang diyakini menenangkan hati mengusir pageblug atau bala yang saat ini ada.

Takmir Masjid Pathok Negara Plosokuning, Kamaludin Purnomo menyebut hal tersebut bukanlah musrik dan menyesatkan lantaran menjadi salah satu kepercayaan warga Ngayogyakarta sejak masa dahulu.

Menurut dia, secara rasional cara memasak lodeh yang menggunakan bahan segar dengan tambahan rempah khas Indonesia memiliki keunggulan untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Mbah-mbah kita dulu punya tradisi, sebuah kearifan lokal masyarakat Jawa. Masakan ini dibuat dengan bahan sayuran segar dan empon empon serta rempah rempah khas Indonesia.

Ini bukan musrik atau hal lain yang bertentangan dengan nilai agama, namun dipercaya sebagai penolak bala,” ungkapnya.

Warga Yogyakarta, kawulo Ngayogyakarta sudah sejak lama mempercayai adanya penolak bala seperti ini. Namun, terpenting dalam situasi ini adalah mengikuti anjuran yang sebelumnya sudah disampaikan Sri Sultan HB X untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta menjaga kesehatan.

Berikut makna bahan-bahan dalam sayur Lodeh 7 Warna :

Kluwih : kluwargo luwihono anggone gulowentah gatekne.

Cang gleyor : cancangen awakmu Ojo lungo-lungo

Terong : terusno anggone olehe manembah Gusti Ojo datnyeng, mung yen iling thok.

Kulit Mlinjo : Ojo mung ngerti njobone ninh kudu reti njerone babagan pagebluk.

Waluh : uwalono ilangono ngeluh gersulo.

Godong So : golong gilig donga kumpul wong Sholeh sugeh kaweruh Babakan agama lan pagebluk

Tempe : temenana olehe dedepe nyuwun pitulungane Gusti Allah.

Sayur lodeh selain dipercaya sebagai penolak bala ternyata juga mengandung banyak khasiat didalamnya. Jika dikonsumsi sayur ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Seperti dikutip dari ugm.ac.id, kandungan gizi dalam sayur lodeh cukup beragam. Seperti pada lodeh tujuh warna terdapat bahan kluwih, terong, labu, kacang panjang, daun melinjo, kulit buah melinjo, serta tempe. Seluruh bahan yang ada bernilai gizi tinggi karena mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Sebagai contoh, terong dan daun melinjo kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kacang panjang merupakan sumber protein yang mengandung asam folat, serta labu kuning mengandung karbohidrat kompleks dan serat.

Lalu, dalam pengolahannya ditambahkan santan yang memiliki kandungan lemak yang bagus bagi tubuh. Kendati begitu dalam proses memasak dianjurkan untuk tidak terlalu lama supaya lemak dalam santan tidak berubah menjadi lemak jenuh yang membahayakan kesehatan. Konsumsi santan juga tidak disarankan terlalu sering agar tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Konsumsi sayur setiap hari juga penting, pasalnya, dalam sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serta yang diperlukan untuk proses metabolisme, pencernaan, dan efek protektif tubuh.

BERITA REKOMENDASI