Loncang Baik Untuk Jaga Kesehatan Jantung

Editor: KRjogja/Gus

SEBAGIAN tanaman bermanfaat bagi kesehatan sering dijualbelikan, baik wujud bibit tanaman maupun hasil panenannya. Artinya pula tanaman tersebut juga punya nilai ekonomi dan sudah selayaknya tak disepelekan.

Menurut warga Mlati Sleman, Urbanus Daru Endro, sebagian jenis sayur, buah-buahan dan ikan-ikan mempunyai gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mengurangi biaya membeli bahan-bahan tersebut, ia berusaha bisa menanam ataupun memelihara sendiri. Jenis tanamannya, antara lain ada loncang,singkong, pepaya, jambu, nila dan gurami. Ketika rutin mengurusi tanaman serta satwa-satwa tersebut diyakini juga dapat mendukung kesehatan badan.

“Jenis tanaman loncang banyak digunakan dalam bidang memasak. Selain menambah cita rasa masakan, dengan menggunakan loncang akan memberi aroma khas dan memberi khasiat kesehatan. Sudah selayaknya juga tanaman loncang dijaga kelestariannya,” beber Urban.

Dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan loncang diyakini juga dapat memperlancar sirkulasi darah serta menjaga maupun meningkatkan kesehatan jantung. Dalam suatu masakan, ketika ada loncang biasa ada juga seledri sehingga semakin bertambah manfaat kesehatannya, seperti bisa menjadi musuh kurang darah atau anemia. Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumsi asupan berbahan loncang akan membantu melawan dan mencegah wasir. Agar semakin kuat khasiatnya ada pula yang senang mengkonsumsi loncang sebagai lalapan (masih mentah), namun telah diiris-iris dahulu.

BERITA REKOMENDASI