Makan Daun Kaktus Baik untuk Kesehatan?

HAMPIR semua orang tidak ingin menyentuh tanaman kaktus, karena durinya yang tajam. Namun, ternyata daun dari tanaman kaktus ini memiliki beberapa khasiat kesehatan lho.

Di beberapa negara, daun kaktus dimakan karena mengandung vitamin, mineral, fitonutrien dan serat. Tentu saja kita berpikir makan tanaman berduri ini merupakan ide yang buruk. Tetapi, di beberapa negara tersebut, daun kaktus bahkan dimakan bersama semangkuk salad atau telur.

Tentu karena daun kaktus memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tidak diduga. Berikut khasiat makan daun kaktus sebagaimana dilansir dari laman Boldsky, Rabu (10/8/2016).

Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian baru mengklaim bahwa daun kaktus dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ketika peneliti menguji kadar kolesterol dari sekelompok wanita yang makan dengan daun kaktus selama satu bulan, mereka mengaku kadar kolesterol-nya turun.

Mencegah kanker

Daun kaktus mengandung flavonoid dan fenolik. Keduanya memiliki efek antioksidan pada tubuh. Mereka dapat melindungi sel-sel tubuh dari berbagai jenis kanker.

Mencegah kerusakan otak

Senyawa tertentu dalam batang dan daun kaktus dikatakan dapat bertindak sebagai neuro atau pelindung, yang mencegah kerusakan pada sel-sel otak.

Mengontrol gula darah

Orang-orang yang memiliki penyakit diabetes mungkin dapat mengonsumsi daun kaktus. Karena, daun kaktus dapat bermanfaat untuk mngontrol gula darah secara efisien. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI