Makan Semangka Sekaligus Bijinya, Ini Manfaatnya

SEMANGKA merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang kerap dihidangkan tidaklah membosankan karena nikmat dimakan kapan saja. Apalagi di tengah-tengah momen Lebaran, pasti ada suguhan buah segar ini sebagai pencuci mulut.

Biasanya, orang hanya terpaku makan semangka dengan membuang bijinya. Padahal justru bijinya punya banyak khasiat yang menguntungkan. Para ahli menyebutkan, biji semangka penuh nutrisi dan harus dimakan bersama dengan dagingnya merah dan berair. Bagian dari buah semangka itu juga tergolong rendah kalori.

Ada baiknya Anda memakan bijinya langsung dengan buahnya karena masih alami. Namun, kalau Anda tidak menyukai, bisa memanggang biji semangka dan dimakan untuk camilan kala waktu senggang.

Dilansir Timesofindia, biji semangka berukuran keci punya banyak manfaat kesehatan memadai. Bijinya memiliki sejumlah mikronutrien, zat besi, seng, serat dan protein. Nutrisi ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, meningkatkan kekebalan dan membantu menurunkan berat badan.

Sebanyak 30 gram biji semangka mengandung sekira 158 kalori. Segenggam biji, dengan berat sekira 4 gram hanya mengandung 22 kalori. Tentu jumlah kalorimya jauh lebih sedikit daripada satu wadah keripik kentang panggang.

Di samping itu, biji semangka juga mengandung magnesium. Segenggam bijinya mengandung sekira 21 miligram magnesium. Kandungan mineral ini juga sangat penting untuk proses metabolisme tubuh. Ini juga diperlukan untuk menjaga fungsi saraf, otot dan jantung.

Biji semangka mengandung 0,29 miligram zat besi. Kandungan ini merupakan komponen penting dari hemoglobin yang membawa oksigen melalui darah. Besi itu membantu tubuh Anda mengubah kalori menjadi energi dan memanfaatkannya. Tingkat zat besi yang rendah dapat memengaruhi rutinitas latihan harian Anda.

Folat juga dikenal sebagai asam folat dan vitamin B-9 penting untuk fungsi otak dan berfungsi untuk mengontrol kadar homocysteine (asam amino). Dalam biji semangka juga mengandung nutrisi tersebut. Seorang wanita hamil sangat membutuhkannya, agar janinnya tidak kekurangan asam folat.

Biji semangka juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh tunggal. Lemak ini dikaitkan dengan penurunan risiko stroke dan serangan jantung, serta menurunkan kolesterol jahat.

Jika Anda mengonsumsi biji semangka tersebut bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara pasti. Di samping itu, buah semangkanya juga harus rajin dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh Anda. (*)

BERITA REKOMENDASI