Makanan Pedas Bisa Bikin Tuli Sesaat, Ini Sebabnya

SUDAH pernah makan mi dengan 100 cabai mata atau cabai Thailand? Sebaiknya Anda perlu berpikir dua kali jika ingin menerima tantangan tersebut.

Ya, makan mi tersebut termasuk dalam 'tantangan makanan pedas' yang pernah menghebohkan sosial media. Tantangan makan pedas itu menyebabkan seorang vlogger kuliner mengalami tuli selama 2 menit. Apa sebabnya?

Vlogger tersebut bernama Ben Sumadiwiria. Dia mengungkapkan bagaimana efek mengonsumsi makanan pedas dengan ratusan cabai terhadap telinganya.

"Rasa sakit itu sampai ke telinga saya sampai seperti tertutup," kata vlogger kelahiran Jerman yang memiliki darah keturunan Indonesia dari orangtuanya, dikutip Zeenews, Selasa (15/8/2017). 

Sumadiwiria makan mi dengan 100 cabai dari Thailand. Cabai merah kecil ini memiliki 100.000 dan 200.000 pedas pada skala Scoville yang digunakan untuk mengukur kepedasan, membuat mereka 45 kali lebih pedas daripada cabai jalapeno, jenis cabai yang selama dikenal paling pedas di dunia.Karena hal itulah mungkin Sumadiwiria mengalami efek yang tidak pernah dibayangkan oleh dirinya sendiri. 

"Saya tidak bisa mendengar apapun, bung," kata pria yang besar di Inggris tersebut dalam videonya, sesaat sebelum menyiram kepalanya dengan air dingin.Sekarang, para ilmuwan telah menemukan alasan di balik ketuliannya, meskipun hanya sementara. Periset mengatakan, tenggorokan dan telinga terhubung oleh saluran yang disebut tabung Eustachius, di mana berfungsi menyamakan tekanan di telingan bagian dalam.

Ketika hidung mulai menghasilkan banyak lendir, maka akan menghalangi Eustachius, kata Michael Goldrich, dari Johnson University Hospital di Amerika Serikat.

"Kemudian, sebagai tanggapan, orang akan merasa bahwa pendengaran mereka sedang menurun. Ini adalah fenomena yang sama, membuat dunia seperti terbungkus katak ketika Anda menderita flu berat," tutur Goldrich. (*)

BERITA REKOMENDASI