Makanan Tepat Untuk Obat Sakit Pinggang Alami

Editor: Agus Sigit

Untuk memulihkan sakit pinggang dengan cepat, Anda butuh asupan nutrisi yang tepat. Sumber nutrisinya pun harus Anda pilih dengan bijak. Nah, berikut adalah daftar makanan yang bisa jadi obat sakit pinggang alami. 

1. Makanan tinggi protein
Daging ayam, kalkun, dan ikan mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan daging sapi tanpa lemak, telur, dan kacang-kacangan. Makanan yang tinggi akan protein akan membantu proses pemulihan otot dan tulang Anda, sehingga sangat cocok dijadikan obat sakit pinggang herbal. 

Namun, kalau Anda punya kondisi kesehatan khusus seperti asam urat atau hipertensi, konsultasikan dulu dengan dokter Anda makanan sumber protein mana yang paling aman dikonsumsi sebagai obat sakit pinggang herbal. 

2. Buah dan sayur
Pilih buah dan sayur berwarna pekat atau terang, jangan yang pucat. Pasalnya, buah dan sayur yang kaya akan warna lebih cepat melawan peradangan pada otot-otot di punggung bawah dan pinggang. Jadi Anda bisa mengonsumsi wortel, buah bit, ubi, anggur, buah delima, dan semangka sebagai obat tradisional sakit pinggang. 

Selain itu, sayuran yang tinggi magnesium juga baik untuk melemaskan otot sehingga tidak terasa terlalu tegang. Pilihannya buah dan sayur untuk obat sakit pinggang herbal lainnya adalah bayam, alpukat, dan pisang.  
 

3. Makanan tinggi kalium
Kalium berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan, misalnya pada bagian otot-otot pinggang. Makanan tinggi kalium yang bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit pinggang alami di antaranya adalah pisang, tomat, kentang, dan yogurt.
 

4. Makanan tinggi asam lemak omega-3
Sejumlah penelitian telah membuktikan kalau asam lemak omega-3 manjur untuk mengobati peradangan otot. Ini karena asam lemak omega-3 mampu mengendalikan reaksi imun dalam tubuh.

Maka, untuk meradakan peradangan otot di bagian pinggang, tambah asupan asam lemak omega-3 Anda sehari-hari. Untuk obat sakit pinggang alami, Anda dapat memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, telur, serta kacang kedelai. (*)

BERITA REKOMENDASI