Make Up Bisa Bikin Mandul?

SEORANG wanita memiliki kodrat untuk menjadi seorang ibu dan mempunyai anak-anak yang lahir dari dalam rahimnya. Hanya saja, banyak hal yang terjadi bisa menyebabkan wanita sulit hamil.

Banyak juga mitos tentang kesuburan baik dari pihak laki-laki atau pun kesuburan dari pihak perempuan yang beredar di masyarakat. Beberapa hal seputar mitos kesuburan itu diantaranya karena pengaruh juga dari pihak laki-laki yang mana spermanya encer. Selain itu, karena pengaruh penggunaan alat kontrasepsi KB yang kurang tepat dan sebagainya. Dan memang belum tentu kebenaran dari mitos itu yang membuat perempuan susah hamil tersebut benar bila dilihat dari sisi medis.

Dilansir dari Familyshare, Jumat (12/8/2016), selain kondisi medis tertentu dan penyakit kronis dapat menjadi masalah besar ketika ingin segera hamil. Berikut beberapa hal yang harus dihindari dan dapat membantu agar Anda cepat memiliki keturunan, yaitu:

1. Makan junk food

Makanan kecil seperti Oreo, menjadi salah satu cemilan Anda. Tapi mengisi tubuh Anda dengan makanan seperti itu tidak penting. Makanan tang bernutrisi sangatlah penting karena dapat mempengaruhi hormon reproduksi. Tubuh membutuhkan makanan dengan lemak tak jenuh tunggal, vitamin B6 dan D. Gantilah kerupuk dengan biji bunga matahari, capurkan alpukat dalam salad, merebus telur untuk sarapan atau membuat pancake. Ini akan membantu Anda mendapatkan beberapa nutrisi bila mengalami kelaparan.

2. Memakai Make Up dengan Phthalates

Phthalates adalah bahan kimia sintetis yang ditemukan dalam banyak kosmetik dan plastik. Sebuah studi menemukan bahwa, mereka dapat membatasi kemampuan bergeraknya sel telur. Semua wanita AS menggunakan itu, tetapi membatasi eksposur sebanyak mungkin dengan tidak menggunakan kosmetik yang memiliki dibutil ftalat (DBP), dietil ftalat (DEP) atau dimetil ftalat (DMP) pada kosmetik tersebut.

3. Menggunakan Banyak Produk Beraroma

Produk beraroma cenderung memiliki phthalates, tetapi FDA tidak memerlukan bahan wewangian. Wapadalah dengan produk yang beraroma.

4. Menggunakan Pelumas

Beberapa pelumas mempengaruhi sperma, yang membuatnya jauh lebih sulit untuk hamil, hal tersebut diungkapkan di sebuah Universitas Negeri studi New York Upstate Medical Center. Studi ini menemukan bahwa Pre-Seed adalah pelumas aman yang digunakan jika ingin mencoba untuk hamil. Studi ini menemukan bahwa minyak bayi atau minyak mineral juga merupakan pelumas yang aman, tetapi tidak diperbolehkan menggunakan minyak lainnya tanpa mengetahui apakah mereka aman atau tidak. Contohnya minyak wijen, itu memperlambat pergerakan sperma. (*)

BERITA REKOMENDASI