Malu Buang Air Kecil Di Tempat Umum?, Anda Alami Hal Ini

PERNAH merasa malu saat harus buang air kecil di tempat umum? Khusus untuk pria, yang kebanyakan pipis di urinate, pasti pernah merasa minder harus buang air di samping pria lainnya. Kondisi tersebut sebetulnya bukan sesuatu yang normal.

Kondisi tersebut dinamakan paruresis atau bahasa sederhananya Pee Shy Syndrome. Tapi, masalah ini bukan sesuatu yang harus ditakutkan. Ya, beberapa orang merasa tidak nyaman dengan situasi buang air kecil harus diperhatikan secara tidak langsung oleh orang lain. Dampak yang biasanya terjadi adalah menahan pipis. Bila masalah ini terus dilakukan, ginjal dan kandung kemih Anda akan bermasalah. 

Salah satu yang menjadi penyebab adalah adanya pikiran negatif yang diciptakan penderita sendiri. Misalnya pikiran akan dilihat alat kelaminnya, merasa tidak nyaman dengan kondisi toilet yang tidak bersih, atau rasa tidak suka bila ada orang lain di sekitarnya saat ingin buang air kecil. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengubah pola pikir itu. 

Dengan terapi yang tepat, pemikiran negatif tehadap ketidaknyamanan pipis di tempat umum bisa di atasi. Kemudian, rilekskan tubuh juga bisa dilakukan bila stres terlalu menghantui Anda. Membiasakan diri untuk menerima keadaan kalau toilet umum memang tidak bisa terlalu private juga bisa jadi solusinya. 

Sekali lagi, bentuk pikiran negatif menjadi salah satu faktor yang membuat Anda merasakan masalah ini. Semakin itu bisa terkendali, maka sindrom ini pun akan hilang dari hidup Anda. (*)

BERITA REKOMENDASI