Manfaat Buah Mangga Mulai Cegah Asma, Diabetes hingga Sehatkan Mata

Editor: KRjogja/Gus

KRJOGJA.com – Manfaat mangga sudah banyak yang meyakininya. Bahkan produk-produk kemasan minuman atau makanan banyak yang mencamtumkan mangga sebagai salah satu bahan pembuatannya. Mangga merupakan tumbuhan tropis yang sudah banyak dibudidayakan di seluruh belahan dunia. Kandungan vitamin C yang kaya seperti yang juga kita dapatkan dari manfaat jeruk, manfaat anggur dan manfaat lemon. Selain itu nutrisi penting lain, juga dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi buah mangga.

Sementara, mangga telah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Beberapa manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dengan mengkonsumsi mangga, termasuk penurunan risiko degenerasi makula, penurunan risiko kanker usus besar, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut.

Sedangkan, sejumlah kandungan di dalam mangga ini memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan, diantaranya adalah dapat mengurangi diabetes. Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak, tidak akan meningkatkan kadar gula. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga sehat juga. Untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.

Manfaat kedua bisa mencegah penyakit jantung. Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Disisi lain, sebuah penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

BERITA REKOMENDASI