Manfaat Semangka Menjaga Kelembaban Kulit

Editor: Ivan Aditya

MEMAKAI produk pelembab atau body lotion bukan satu-satunya cara untuk menjaga kulit. Sebab makanan yang dikonsumsi juga mempengaruhi kesehatan kulit wanita.

Kulit membutuhkan nutrisi untuk mempertahankan kelembutan sekaligus mencegah keriput dan kerusakan akibat sinar matahari. Lalu makanan apa saja yang mengandung nutrisi untuk kulit? Berikut ini 5 jenis buah-buahan dan makana menjaga kulit tetap sehat dan cerah.

Semangka

Semangka merupakan salah satu buah paling melembabkan kulit jika kamu konsumsi. Sebab buah ini kaya akan kandungan serat, nutrisi, serta mengandung air. Mengonsumsi air sudah lama diketahui mampu membuat kulit bersih bercahaya.

Kedelai

Susu kedelai, tempe, miso, dan protein kedelai adalah sumber isoflavon. Isoflavon kedelai adalah senyawa tanaman yang ditemukan dalam kedelai, dapat membantu menjaga kulitmu terlihat segar dan halus walaupun usia terus bertambah. Selain itu, kedelai dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah keriput.

Ikan Salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya kaya akan asam lemak omega-3. Salmon juga mengandung vitamin E yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat peradangan. Jika mengonsumsinya sekali atau beberapa kali dalam seminggu, kulit kamu akan sehat selalu.

Jeruk

Ketika memikirkan buah-buahan dengan vitamin C, jeruk mungkin yang pertama kali muncul di pikiranmu. Tetapi kiwi sebenarnya mengandung lebih banyak vitamin C. Satu kiwi ukuran sedang mengandung hampir 80 persen vitamin C yang biasanya kamu butuhkan dalam sehari. Selain membuat kulit menjadi cerah dan kuat, nutrisi ini dapat membantu meningkatkan kekebalan dan mengurangi stres oksidatif.

Beri

Buah beri seperti blueberry dan stroberi kaya akan antioksidan. Buah ini tidak hanya dapat membantu mencegah kanker, tetapi juga dapat menjaga kesehatan kulitmu. Antioksidan melawan peradangan dan mencegah kerusakan kulit. Oleh karena itu selalu selipkan buah berry dalam menu makananmu.

Jadi, bagi kamu yang sedang melakukan perawatan pada kulit, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis buah di atas. Selain mampu menjaga kesehatan kulit, makanan tersebut sangat aman dikonsumsi untuk tubuhmu karena tidak mengandung bahan berbahaya. (*)

BERITA REKOMENDASI