Manfaat Telur Asin Bagi Tubuh

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Telur asin selama ini kerap menjadi santapan yang digemari masyarakat. Karena rasanya yang lezat, santapan dari telur itik menghadirkan sensasi tersendiri apalagi jika sudah dibuat menjadi asin.

Telur asin pada umumnya telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Penggunaan telur bebek yang memiliki kualitas cangkang lebih tebal dianggap menyerap dan menyimpan rasa garam sehingga lebih mudah untuk pengawetan.

Menurut ahli gizi lulusan Universitas Negeri Yogyakarta (UIN) Sunan Kalijaga, Fatimah Azahra telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi terutama kandungan protein. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam sehingga memiliki kepuasan yang lebih tinggi saat menyantapnya. "Untuk kandungan gizinya sendiri biasanya kadar natrium meningkat tiga kali lipat dari telur biasa," kata Fatimah kepada KRJOGJA.com.

Telur asin memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada telur asin mampu membangun dan membentuk massa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

Protein yang dikandung oleh telur asin merupakan protein hewani. Manfaat protein hewani ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Telur asin juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A membantu tubuh untuk menjaga mata tetap memiliki penglihatan yang baik.

Kendati telur asin juga memiliki kandungan gizi lainnya yang cukup tinggi seperti kandungan kolesterol, namun siapapun yang mengkonsumsinya perlu berhati-hati. Kandungan kolesterol yang ada di dalam telur asin cukup tingi. "Tidak terlalu dianjurkan dikonsumsi yang terlalu sering karena kadar natriumnya tinggi apalagi kalo buat penderita hipertensi ditakutkan menambah tekanan darah beliau," ujarnya.

Menurut Fatimah segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih memang tidak akan baik bagi kesehatan dan gizinya. "Manfaatnya memang lebih banyak dari telur lain, tapi ada baiknya dimakan dengan porsi normal saja," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI