Mengenal Penyakit Ramsay Hunt Syndrome yang Diidap Justin Bieber

PENYAKIT Ramsay Hunt Syndrome atau disebut herpes zoster oticus mengharuskan penyanyi Justin Bieber menghentikan konsernya. Ramsay Hunt Syndrome ini merupakan reaktivasi virus penyebab cacar air yang mengenai saraf wajah sesisi berakibat keluhan gangguan pendengaran dan kelumpuhan pada otot wajah sesisi.

Menurut dokter spesialis syaraf dari FKK-MK UGM Sekar Satiti, penyakit ini bukan penyakit genetic namun penyakit ini muncul akibat reaktivasi virus Varicella-Zoster, virus penyebab cacar air. Akan tetapi, setelah cacar air reda, virus ini masih menetap di saraf.

“Dalam beberapa tahun dapat terjadi reaktivasi dan mengenai saraf wajah. Yang sering dijumpai sebagai penyebab reaktivasi virus ini adalah akibat dari daya tahan tubuh turun atau terjadi infeksi baru,” kata Sekar, beberapa waktu lalu.

Sekar menjelaskan penyakit yang kebanyakan menyerang orang dewasa ini di Indonesia pernah dilaporkan 1 kasus dari RSUP Sanglah Denpasar dan 1 kasus dari RSUP Dr. Soetomo Surabaya. Soal gejala Ramsay Hunt yang umum bagi terinfeksi virus ini kata Sekar, dijumpai nyeri di telinga sesisi, disertai bintil-bintil berisi cairan di sekitar telinga tersebut dan kelumpuhan otot wajah sesisi.

“Kasus ini sering dijumpai pada orang dewasa, dan hanya 16 persen mengenai anak-anak,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI