Menkes Ingatkan Masyarakat Waspadi Hipertensi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan masalah hipertensi di Indonesia hampir 40 persen. Apabila jumlahnya terus bertambah akan menyebabkan kerugian negara.

“Tolong kita semua sehat dan saya titip dari setiap diri kita tolong beritahu warga, tetangga, teman, kita harus hidup sehat, kita harus perkuat negara kita dengan produktif dan hidup sehat,” Demikian Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ada Puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Jakarta, Minggu (18/11).

Pola hidup sehat seperti berolahraga, makan buah dan sayur, serta cek kesehatan harus dimulai dari diri sendiri dan disosialisasikan kapanpun dan dimanapun, sebagaimana tema HKN “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita.”

“Ini pesan (tema HKN) yang sangat baik, mulai dari kita. Artinya kita meminta betul kesadaran dari masyarakat. Kita tidak akan menjadi sehat jika tidak mulai dari diri kita sendiri,” ucap Menkes.

Menkes menambahkan, salah satu penyebab rendah nya kualitas kesehatan seseorang karena kurang makan sayur dan buah. Padahal Indonesia memiliki berbagai macam buah dan sayur yang bisa didapatkan dengan mudah.

Selain itu, soal protein juga sebenarnya tidak hanya tergantung pada daging, tapi ada ikan yang juga mudah didapatkan di Indonesia. Karena itu, Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, di antaranya melalui Germas yang menekankan pada perbanyak makan buah dan sayur, aktivitas fisik, dan cek kesehatan secara rutin.

“Cek kesehatan rutin bisa dilakukan dengan cara sederhana dan bisa dilakukan sendiri, seperti cek hipertensi,” kata Menkes.

Dalam rangkaian kegiatan Puncak HKN ini dimeriahkan oleh berbagai aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan dan langsung melibatkan masyarakat. Sehingga, momentum ini menjadi kesempatan bagi masyarakat dalam meningkatkan kesadaran untuk selalu berperilaku hidup sehat. Kegiatan dimulai dengan jalan sehat bersama para pejabat Kemenkes, dilanjutkan dengan senam low impact bersama Menkes Nila Moeloek. Selain itu, ada pula talkshow 'Isi Piringku'. (Ati)

BERITA REKOMENDASI