Metode Piramida Agar Berat Badan Turun, Begini Caranya..

MUNGKIN kita sudah sering mendengar istilah gizi yang baik dan seimbang atau well balanced diet. Istilah yang kini banyak dilakukan, bagi yang ingin tetap sehat dan turun berat badannya. Metode sehat untuk menurunkan berat badan, sangat bermanfaat di masa pandemi Covid-19 ini.

Diet berarti pengaturan jadwal makan, jenis makanan dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari, demikian dikatakan dr Andry H, SpGK RS Panti Rapih dalam percakapannya dengan KR belum lama ini.

Lalu yang dimaksud dengan ‘Balanced diet’ berarti pengaturan ini dilakukan menurut kebutuhan tubuh masing-masing orang. Disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, keadaan. Misalnya  sedang hamil, menyusui, lansia dan problem kesehatan seperti diabetes, kanker dan sebagainya. ‘Well balanced diet’ berarti bahwa selain diet tersebut memberikan keseimbangan menurut kebutuhan tubuh masing2, juga harus memberikan semua nutrien yang dibutuhkan agar tubuh dapat bekerja optimal.

Ini berarti kita harus mengonsumsi beragam makanan yang bersifat lokal, natural dan organik. Untuk menjamin nutrien yang lengkap dan tidak rusak, akibat pengolahannya serta penambahan zat aditif.

Nutrien atau zat gizi, merupakan zat dalam makanan yang menjadi   bahan bakar untuk menghasilkan energi seperti karbohidrat dan lemak. Untuk menggantikan jaringan yang aus atau rusak seperti protein, dan  mengatur metabolisme atau reaksi biokimia dalam tubuh agar tiga nutrien pertama yakni karbohidrat, lemak dan protein dapat digunakan. Bahan pengatur tersebut adalah vitamin dan mineral.

BERITA REKOMENDASI