Mi Instan Bisa Picu Asma Kambuh?

 

PENYAKIT asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan dua penyakit pernapasan yang banyak menelan korban jiwa.

Berdasar data dari World Life Expectancy pada 2012, Indonesia berada di peringkat ke-5 untuk kematian karena asma dan urutan ke-13 di seluruh dunia. Pun juga dengan asma, PPOK juga menjadi penyebab kematian ke-6 di Indonesia. Ini data yang dikeluarkan Survei Kesehatan Rumah Tangga pada 1992.

Nah, mengetahui hal tersebut, tentunya akan membuat Anda semakin menjaga diri dari beberapa faktor penyebab atau risiko penyakit ini. Kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari ternyata bisa menjadi pemicu munculnya masalah ini.

Misalnya adalah memiliki hewan peliharaan di rumah yang tidak dijaga kebersihannya. Pada hewan yang kotor, biasanya dihinggapi kutu hewan yang kemudian menjadi penyebab munculnya alergi dan berakibat pada naiknya risiko asma pada manusia.

Selain karena kutu hewan, Profesor Spesialis Penyakit Paru RS Persahabatan Prof. Faisal Yunus, MD, Ph.D, menjelaskan mie instan juga bisa menjadi pemicu masalah ini. Tapi, yang perlu digarisbawahi adalah risiko kambuhnya asma karena mengonsumsi mi instan terjadi pada penderita asma, bukan orang yang tidak memiliki faktor risiko asma.

“Mi instan itu salah satu penyebab asma seseorang bisa kambuh, selain dari alergi kutu hewan atau udara yang tidak bersih,” katanya pada Okezone saat diwawancarai di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Selasa 26 September 2017.

Lebih lanjut, Prof. Faisal menjelaskan, mi instan berbahaya bagi penderita asma karena kandungan bahan pengawet dan juga pewarna makanan. Dua unsur berbahaya itu merupakan pemicu kambuhnya asma.

Sambung Prof. Faisal, siapa yang tidak tahu jika mi instan mengandung pengawet makanan yang tinggi. Penyedap rasanya yang berlebihan juga berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Namun Prof. Faisal sebetulnya tidak melarang pasien asma untuk mengonsumsi mi instan. Jika Anda ingin sekali, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tidak menggunakan bumbu mi instannya sama sekali. Kemudian, mencuci kembali mi yang siap disantap.

“Jadi, biar tetap ada rasa, bumbu makanannya dibuat sendiri. Bisa dari parutan bawang merah, sedikit garam, dan bumbu masak lainnya sesuai selera Anda. Tapi ingat! Jangan sekali-kali menggunakan bumbunya, nanti asmanya kambuh,” tegasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI