Minum 4 Cangkir Kopi Sehari Bebas Penyakit Liver?

Editor: KRjogja/Gus

Penulis utama, Dr Sarwa Darwish Murad berkata, “Terlepas dari penyakit liver, kopi telah terbukti berbanding terbalik dengan angka kematian yang terjadi pada populasi umum secara keseluruhan. Kami penasaran apakah mengonsumsi kopi memiliki efek yang sama terhadap pengukuran kekakuan hati pada individu yang tidak memilikipenyakit hati kronis,” seperti yang dikutip dari Dailymail, Selasa (13/6/2017).

Semua peserta penelitian diambil sampel darahnya untuk menjalani prosedur penelitian untuk menilai hati mereka. Selain itu, para peserta penelitian juga mengisi kuesioner mengenai seberapa sering mereka mengonsumsi makanan tertentu, termasuk kopi dan teh.

Konsumsi kopi dibagi menjadi tiga kategori yaitu tidak ada, sedang (nol sampai tiga cangkir), dan sering (lebih dari tiga cangkir). Untuk konsumsi teh dikategorikan oleh varietas herbal, hijau, hitam, atau tidak ada. Para periset menemukan bahwa konsumsi kopi yang sering berkaitan dengan penurunan kekakuan hati secara signifikan.

Ketika mereka melihat keseluruhan hasil, mereka menemukan efek yang sama untuk konsumsi teh herbal. Pada pasien dengan penyakit hati berlemak non alkohol, minum kopi ternyata bermanfaat untuk menurunkan kekakuan organ. Tapi, sebelum minum kopi bisa dijadikan rutinitas sehari-hari, perlu dilakukan banyak penelitian.

Meminum kopi sebanyak empat cangkir setiap hari mungkin tidak akan merusak kesehatan seseorang. Peneliti International Life Sciences Institute mengkaji lebih dari 740 studi tentang efek kafein pada manusia. Mereka menemukan bahwa mengonsumsi 400mg kafein aman untuk orang dewasa. Selama kuantitas ini tidak dilanggar secara teratur, tidak perlu khawatir dengan konsumsi kopi setiap hari. (*)

BERITA REKOMENDASI