Minuman Beralkohol Bikin Umur Panjang?

KABAR gembira bagi Anda pencinta minuman beralkohol. Pasalnya, fakta terungkap bahwa minuman beralkohol bisa bikin panjang umur. Tidak percaya? Simak ulasannya berikut ini.

Studi mengenai dampak positif dari minuman beralkohol dilakukan sejumlah peneliti dari University of Texas. Mereka melakukan penelitian ini selama 20 tahun dan meneliti dampak rutin konsumsi minuman beralkohol seperti wine dan bir.

Hasilnya 41 persen mereka yang tidak rutin konsumsi minuman beralkohol meninggal lebih cepat dibanding mereka yang rutin konsumsi minuman beralkohol. Kenapa?

Penyebab kematian tak hanya soal kesehatan fisik, tapi juga mental dan emosional (stres, depresi dan lain sebagainya). Minuman beralkohol sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial karena biasa dikonsumsi bersama rekan sejawat. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas kehidupan sosial.

Sementara itu mereka yang tidak rutin konsumsi minuman beralkohol cenderung lebih menunjukkan tanda-tanda depresi dan kurang sosialisasi. Lalu dari segi nutrisi, misalnya pada minuman bir mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti kalium, kalsium, serat dan antioksidan.

Jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan maka dampaknya dapat meminimalisir risiko penyakit jantung, batu ginjal, hingga kanker.

"Minuman beralkohol punya kaitan erat untuk menjaga kesehatan mental dan fisik," tertulis dalam hasil penelitian, seperti dikutip Popsugar, Senin (10/10/2016).

Namun perlu diingat, konsumsi minuman beralkohol sebaiknya tidak berlebihan. Maka manfaat baik akan minuman ini bisa terasa maksimal.  (*)

 

BERITA REKOMENDASI