Minuman Energi Solusi Kelelahan Otot

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kelelahan otot merupakan perasaan lelah yang terjadi pada otot-otot tubuh akibat kekurangan energi atau kekuatan pada otot sehingga harus mendapat istirahat. Sebuah penelitian menunjukkan, kelelahan otot merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan penurunan sementara kapasitas organ otot saat melakukan kegiatan fisik.

Arti lainnya kelelahan otot adalah turunnya kekuatan maksimal atau kapasitas daya otot. Ahli gizi dari RS. MRCCC Siloam, dr. Samuel Oetoro mengemukakan, untuk mengatasi kelelahan otot biasanya masyarakat kerap melakukan berbagai cara, baik yang terkait dengan proses latihan dan gerakan fisik seperti saat berolahraga, antara lain dengan melakukan pemanasan tubuh dan peregangan, sehingga tubuh terbiasa dengan gerakan yang akan dilakukan.

"Ada juga yang melakukan latihan secara sempurna, dengan tetap memperhatikan asupan air yang masuk ke dalam tubuh. Setelah melakukan latihan, ada yang melakukan mandi menggunakan air dingin atau air hangat, menggerakkan otot yang kaku, mengompres dengan es, atau melakukan pijat mandiri," kata Samuel Oetoro dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (13/06/2017).

Cara lainnya mengatasi kelelahan otot, menurutnya, dengan cara mengkonsumsi food supplement (suplemen makanan). Biasanya ada pada minuman berenergi (termasuk food supplement) yang memberikan konten tambahan seperti sejumlah vitamin B yakni B3, B6, dan B12 yang membantu memulihkan sistem syaraf dan otot, sehingga mengurangi potensi timbulnya rasa nyeri.

Dalam kaitan ini, Sunarti Sandi, Komite Profesi Kesehatan Lain Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih menjelaskan, baik mengkonsumsi minuman berenergi atau apapun yang termasuk dalam food supplement, boleh diberikan dengan satu kondisi. Artinya praktisi kesehatan harus melihat kontra indikasi terhadap penggunaan food supplement, saat mempertimbangkan asupan bagi pasiennya.

Untuk itu, Sunarti menyarankan setiap penggunaan food supplement harus disesuaikan dengan indikasi dan dosis yang tertera dalam kemasan. "Sebaiknya hal tersebut dikonsultasikan kepada dokter, bila anda diberikan terapi pengobatan, disaat anda sedang mengkonsumsi food supplement,” katanya seraya menyebutkan, yang termasuk dalam suplemen makanan antara lain meliputi vitamin, mineral, enzim, asam amino, hormon, herbal, antioksidan dan probiotik.

Minuman energi adalah jenis minuman untuk menambah energi seseorang yang meminumnya. Bagi sejumlah kalangan, minuman energi diminum untuk mencegah kantuk. Jika umumnya di luar negeri seperti di Amerika Serikat, minuman energi digolongkan sebagai minuman ringan, maka di Indonesia, minuman energi digolongkan sebagai minuman kesehatan. (Ful)

BERITA REKOMENDASI