Musik Dapat Tingkatkan Mood Orang Demensia

DEMENSIA adalah kondisi di mana seseorang mengalami penurunan kemampuan fungsi otak yang berakibat berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, kesulitan memahami sesuatu hingga menyebabkan menurunnya kecerdasan mental. Biasanya kondisi ini menyerang para orang tua dengan usia diatas 50-an.

Jika Anda memiliki orang yang dicintai dan menderita demensia, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara untuk menghiburnya di masa-masa sulit. Memang tidak mudah melihat perjuangan anggota keluarga tercinta yang kehilangan ingatan dan menjadi lebih sulit lagi ketika dia mengalami kesulitan mengkomunikasikan kebutuhan dasarnya kepada Anda.

Dilansir dari Firstforwoman, Jumat (21/12/2018), sebuah penelitian menunjukkan cara potensial untuk meningkatkan mood atau suasana hati orang-orang yang mengalami demensia. Sebuah studi pada November 2018 yang diterbitkan di Geriatrics & Gerontology International menganalisis 51 orang yang terkena demensia untuk melihat apakah musik dapat memperbaiki suasana hati dan mood mereka.

Peneliti meminta setiap peserta yang mengalami demensia untuk mendengarkan musik yang dipersonalisasi melalui headphone. Saat orang-orang ini mendengarkan musik selama 20 menit, di pihak lain para peneliti mengamati mereka selama 20 menit.

Hasilnya cukup menjanjikan, para peneliti ini melihat dan mengamati perubahan positif pada suasana hati orang-orang demensia yang mendengarkan musik. Secara khusus, para peserta menunjukkan peningkatan kontak mata, gerakan mata, keterlibatan dengan orang lain, dan banyak bicara. Dan penemuan yang paling mengharukan adalah bahwa orang-orang ini menunjukkan peningkatan emosi yang signifikan

Jadi jika Anda memiliki orang yang disayangi dan menderita demensia, dan masih ragu, Anda boleh bertanya kepada dokter yang Anda percayai apakah mungkin musik dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati orang-orang yang terkena demensia. Sebenarnya, setiap kasus selalu berbeda tetapi untuk membantu menghibur orang-orang yang terkena demensia agar suasana hatinya baik dan lebih ceria, tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan? (*)

 

BERITA REKOMENDASI