Nanas Merah Berkhasiat Turunkan Tekanan Darah

Editor: KRjogja/Gus

NANAS merah dengan nama ilmiah Ananas bracteatus merupakan sejenis tanaman hias. Negara asalnya diperkirakan dari Argentina, Brazil dan Paraguay lalu menyebar ke berbagai negara. Tanaman ini memiliki bunga berduri yang berwarna violet pucat dengan bias merah dan merah muda. Selain itu memiliki daun yang panjang, linier dan melengkung dengan batang semu berbentuk roset setinggi 30-50 cm.

Pangkal batang nanas berbentuk melebar dan menjadi pelapah dengan warna hijau tua maupun semburat merah. Buah nanas merah memiliki daging berwarna putih kekuningan dan mengandung banyak cairan dengan rasa yang manis, asam dan harum serta tidak berbiji.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, bagi penderita hipertensi atau darah tinggi dianjurkan bisa rutin mengkonsumsi nanas merah agar dapat membantu untuk menurunkan atau menormalkan tekanan darah. Hal ini karena buah nanas merah diyakini memiliki efek yang dapat menurunkan tekanan darah dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih normal.

Tak kalah penting, nanas merah dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat berguna sebagai antioksidan untuk memerangi virus, termasuk virus penyebab flu dan batuk. Selain itu, kandungan bromelain pada buah nanas merah juga dipercaya dapat membantu melancarkan dahak agar batuk cepat reda maupun sembuh. Adapun yang sedang berusaha menurunkan berat badan, dengan mengkonsumsi nanas merah secara teratur diyakini dapat membantu membantunya, bahkan kandungan serat alami yang tinggi pada buah nanas merah juga dapat membantu menyembuhkan masalah sembelit serta menyehatkan saluran pencernaan.

Ditambah lagi, nanas merah mengandung mangan yang tinggi yang bisa membantu menguatkan tulang serta mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Dengan mengkonsumsi satu porsi buah nanas merah, akan dapat memperoleh kebutuhan mangan harian sebanyak 73 persen. Hal ini baik bagi tubuh, karena mangan merupakan senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat.

Manfaat atau khasiat lain dari buah nanas merah, misalnya dapat membantu melancarkan haid. Lalu kandungan vitamin C buah nanas merah yang ramah pada gusi dapat membantu merawat kesehatan gigi maupun gusi. Kandungan vitamin C pada nanas merah bisa juga ikut mencegah dan melawan sariawan yang tak kunjung sembuh. (Yan)

 

 

BERITA REKOMENDASI