Petai Bantu Netralkan Asam Lambung

Editor: KRjogja/Gus

PEMANFAATAN bahan alami berkhasiat baik dalam usaha mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan sudah lama diterapkan banyak warga. Langkah seperti ini diharapkan mampu mendukung atau menjaga kesehatan jiwa-raga tanpa efek samping dan biaya mahal.

Heri Dwiyanti mengungkapkan, beberapa bahan alami seperti petai, teri dan cumi biasa dimanfaatkan di bidang kuliner. Artinya juga dapat dipadukan dengan bahan-bahan lain, termasuk diolah menjadi sambal. Bahan-bahan ini pun diyakini memiliki aneka manfaat kesehatan, bahkan sudah sering dikupas juga di media cetak sampai online.

“Baik petai maupun kerabatnya, yakni jengkol punya cita rasa dan aroma khas, bahkan diyakini ada manfaat atau khasiat kesehatan. Biasa juga dicampurkan bahan-bahan lain di bidang kuliner,” papar Heri Dikutip dari harianmerapi.com.

Sebagai contoh ketika terserang luka lambung, petai dapat digunakan sebagai asupan untuk membantu merawat pencernaan, sebab teksturnya yang lembut dan halus. Bahkan diyakini pula petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung. Selain itu petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah, sehingga membantu mencegah dan melawan anemia.

“Ada lagi yang meyakini petai termasuk bahan alami untuk dijadikan musuh hipertensi atau meredam tekanan darah tinggi,” tandasnya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI