Nunung Tetap Gemuk Meski Pakai Sabu 20 Tahun, Ini Alasan Medisnya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Pelawak Nunung mengaku telah mengkonsumsi narkotika jenis sabu sejak 20 tahun silam. Namun, tubuh komedian yang kerap muncul di televisi ini tetap gemuk tak lazimnya pengguna narkoba biasanya yang kurus. 

Dr. Rustamaji pakar narkotika dan psikotropika Fakultas Kedokteran UGM mengungkap alasan dari sisi medis yang terjadi pada Nunung tersebut. Penggunaan sabu tidak setiap hari dengan dosis yang kecil menurut Rustamaji berpengaruh pada pengendalian fisik pengguna. 

“Kasus Nunung mengapa tetap gemuk, karena dia tidak setiap hari menggunakan dan dosisnya kecil. Seolah tidak ada masalah, yang terjadi biasanya kan orang langsung menggunakan (narkoba) banyak dan energik jadi kalori terbakar lalu ditambah malas makan. Asupan nutrisi tubuh menjadi kurang lalu jadi kurus kering,” ungkapnya ketika ditemui wartawan Rabu (24/7/2019). 

Dr Rustamaji menambahkan narkotika secara psikis mampu menaikkan dopamine yang merupakan pengantar komunikasi antar syaraf. Hormon tersebut menurut dia sebenarnya memiliki fungsi positif jika muncul secara normal tanpa dibantu zat dalam narkotika.

“Kalau dia (dopamine) naik maka kelancaran komunikasi (antar sel) ada, tapi dia dibatasi reseptor yakni pintu masuk sel tersebut. Kalau penuh maka tidak bekerja sebetulnya. Tentu hal ini bersifat ketergantungan, karena kuatnya ikatan dengan sel reseptor di otak. Ada nagihnya dan pasti diikuti permintaan kembali disertai permintaan dosis lebih tinggi. Dopamine ini ada di seluruh tubuh maka organ yang lain akan kerja lebih keras karena distimulasi narkoba itu,” ungkapnya lagi. 

Efek ketergantungan tersebut menurut Rustamaji lama kelamaan akan membentuk kejenuhan dalam tubuh yang berakibat sangat fatal hingga kematian. “Suatu saat organ tubuh kita akan jenuh dan tak mampu lagi (karena terus distimulus). Ini penyebab kematian mendadak pada pecandu narkoba yang kemudian membuat negara melarang karena manfaatnya tak sebanding dengan resiko,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI