Nutrisi Buah Naga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Editor: Ary B Prass

 

 

JAKARTA, KRJOGJA.com– Buah naga adalah buah tropis yang dikenal karena kulitnya yang merah cerah. Kulitnya memiliki tampilan seperti kulit naga dan nutrisinya juga dikenal sebagai superfood. Rasa daging buahnya yang manis berbintik-bintik bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Jenis varietas buah naga biasanya ditemukan dengan kulit berwarna merah dan kuning. Rasanya sedikit manis dan daging buahnya digambarkan sebagai persilangan antara kiwi, pir, dan semangka. Namun, tekstur daging buah naga sebenarnya lebih lunak saat dimakan.

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang rendah kalori, tapi kaya akan vitamin, mineral dan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karotenoid dan betasianin. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat antioksidan.

Antioksidan mampu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat menjadi pemicu penyakit kronis dan penuaan. Berikut ini beberapa manfaat nutrisi utama yang terkandung dalam daging buah naga.

  1. Betalains

Jenis antikosidan ini ditemukan dalam daging buah naga merah. Studi menunjukkan bahwa betalains dapat memerangi stres oksidatif. Hal ini memungkinkan tubuh untuk dapat memiliki kemampuan dalam menekan sel kanker.

  1. Hidroksisinamat

Kelompok senyawa ini telah menunjukkan aktivitas antikanker dalam penelitian tabung dan hewan. Asam hidroksisinamat adalah fitokimia fenolik yang ada dalam buah-buahan, sayuran, dan kopi. Hal ini diketahui dapat memberikan efek menguntungkan terkait dengan kapasitas antioksidannya.

  1. Flavonoid

Kelompok antioksidan yang besar dan beragam ini terkait dengan kesehatan otak. Flavonoid memiliki sejumlah manfaat obat, termasuk antikanker, antioksidan, antiinflamasi, dan sifat antivirus. Mereka juga memiliki efek neuroprotektif dan pelindung jantung.

  1. Vitamin C

Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C dalam buah naga juga dapat membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan zat besi.

BERITA REKOMENDASI