Nutrisi Buah Naga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Editor: Ary B Prass

  1. Karotenoid

Betakaroten dan likopen adalah pigmen tumbuhan yang memberi warna cerah pada buah naga. Pola makan yang kaya karotenoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

  1. Serat

Untuk membersihkan sistem pencernaan, Anda bisa mengonsumsi buah naga. Dengan kandungan serat yang tinggi, buah naga dapat membantu pencernaan yang buruk dan sembelit. Buah naga menawarkan 7 gram serat per porsi, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Penting untuk dicatat bahwa diet tinggi serat dapat memiliki kekurangan, terutama jika Anda terbiasa dengan diet rendah serat. Untuk menghindari ketidaknyamanan perut, tingkatkan asupan serat makanan secara bertahap dan minum banyak cairan.

  1. Probiotik

Prebiotik di dalam tubuh Anda dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam usus. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Di usus, bakteri baik tersebut bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit.

Buah naga memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan sehingga buah ini banyak dikonsumsi pegiat makanan sehat. Berkat manfaat tersebut, Anda bisa makan buah naga segar secara langsung atau bahkan juga buah beku yang tersedia di supermarket. Dengan makan daging dan bijinya yang mengandung protein baik, tubuh juga akan cepat kenyang.

Cara mengonsumsi buah naga sangat mudah karena bisa dimakan langsung seperti buah kiwi. Konsumsinya juga baik sebagai camilan di sela waktu makan, Anda bisa memotong-motong buah dan menyimpannya di dalam tempat bekal untuk dimakan sebagai penunda lapar. (*)

BERITA REKOMENDASI