Nyeri Keseleo Tak Kunjung Hilang? Waspada!

Pernah keseleo tapi rasa nyerinya tidak kunjung hilang? Atau bahkan setelah bertahun-tahun rasa nyeri itu masih tetap ada seperti kenangan mantan? Jangan anggap sepele!

Terkait hal ini, dr. Langga Sintong Spesialis Ortopedi Foot and Ankle RS Siloam Kebon Jeruk mengatakan bahwa rasa nyeri atau sakit yang kronis itu disebabkan oleh robeknya ligamen pada sendi ankle.

"Kalau ada nyeri yang kronis atau menahun, itu tandanya ligamennya putus atau robek. Jadi terkadang rasa sakit itu muncul saat kita sedang berjalan jauh, atau banyak melakukan aktivitas outdoor," terang dr. Langga Sintong, saat ditemui di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (28/11/2019).

Namun untuk mengonfirmasi kondisi tersebut perlu dilakukann tes Magnetic Resonance Angiography (MRA). Setelah itu, biasanya para dokter akan memutuskan untuk melakukan operasi atau proses tightening.

Tujuannya adalah untuk merapatkan lagi ligamen yang putus atau robek, sehingga rasa nyeri secara perlahan akan menghilang.

"Ya meski keseleonya sudah bertahun-tahun lalu, masih bisa dilakukan tindakan dan pulih lagi walaupun tidak 100%. Biasanya kekuatannya hanya sekitar 80%, tidak sebagus dengan kondisi awal," tambah dr. Langga.

Penyebab cedera engkel kaki sebetulnya sangat beragam. Cedera ini dapat terjadi pada saat berolahraga (basket, sepakbola, tenis, badminton, dan aktivitas lainnya), kesalahan dalam mendarat saat melompat, pada saat berlari di permukaan yang tidak rata, atau pada saat naik turun anak tangga.

Bila sewaktu-waktu mengalami cedera engkel atau keseleo, dr. Langga menganjurkan untuk segera melakukan pertolongan pertama dengan metode RICE.

"Ingat ya, RICE di sini bukan nasi tapi rest (diistiriahatkan cederanya), ice (kompres dengan ice), compression (berikan tekanan pada bagian yang cedera) dan elevation (mengangkat bagian yang cedera)," kata dr. Langga.

Langkah selanjutnya adalah penegakan diagnosis, untuk mengetahui cedera apa saja yang dialami dan apa tindakan yang harus dilakukan. Bisa melalui terapi non operasi atau malah harus opersasi.

"Ada satu poin yang harus digarisbawahi bila mengalami cedera ankle. Jangan diurut karena cederanya bisa tambah parah, tambah bengkak, dan pasti sakit banget," tukasnya

 

 

BERITA REKOMENDASI