Nyeri Urat Sembuh Dengan Binahong

Editor: KRjogja/Gus

CARA sederhana serta alami untuk mewujudkan hidup lebih sehat sudah banyak diterapkan warga sejak dulu. Sebagian resepnya bahkan dapat diterapkan secara turun-temurun, misalnya wujud jamu tradisional ataupun memanfaatkan bahan alami berkhasiat di sekitar kita.

Warga Minggir Sleman S. Indri Sujatmiko mengungkapkan, jenis binahong hijau maupun merah juga diyakini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Baik itu untuk pemakaian luar maupun dalam. Untuk pemakaian luar, misalnya bagian daun dan batang binahong ditumbuk sampai halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit/ada keluhan kesehatan seperti nyeri urat, memar, rematik dan pegal linu.

“Ramuan alami seperti ini juga bagus untuk membantu menjaga dan menghaluskan kulit,” tandas Indri.

Adapun untuk pemakaian dalam, resep yang bisa diterapkan, misalnya bagian umbi binahong dicuci bersih lalu direbus dan disaring airnya. Hasilnya diminum dua atau tiga kali sehari, antara lain untuk membantu mengatasi maag, luka bekas operasi dan tifus. Resep lainnya, bisa juga menggunakan bagian akar dikeringkan, lalu ditumbuk sampai halus, dimasukkan ke cangkang kapsul dan bisa dikonsumsi tiga kali sehari. Tak ketinggalan juga dapat untuk mengatasi agar bekas operasi caesarcepat kering. (Yan)

 

BERITA REKOMENDASI