Okra Berkhasiat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Editor: KRjogja/Gus

ANEKA jenis sayur cukup mudah dibudidayakan di Indonesia. Sebagian diantaranya cukup populer dan mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. Satu di antaranya, yakni tanaman okra yang mempunyai ciri fisik, aroma serta citarasa cukup khas.

Guna memperoleh sayur okra, selain bisa menanam sendiri, biasa dijual juga oleh pedagang sayur maupun buah dengan harga terjangkau. Baik okra yang mempunyai varietas warna merah maupun hijau. Ketika diolah menjadi suatu asupan dan rutin dikonsumsi sebagai ramuan alami diyakini sama-sama mengandung nilai gizi serta mempunyai khasiat kesehatan alami. Contoh alasannya, karena okra mengandung klorofil, menjadikannya termasuk herbal yang bisa bersifat sebagai antiradang, antimutagenik, antikanker dan antioksidan. Karena bersifat antioksidan, maka diyakini pula dapat membantu menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu karena bisa sebagai sumber antioksidan, antara lain juga dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau kolesterol tinggi yang dipicu oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis dapat dicegah. Lalu sebagai antimutagenik dan antikanker, klorofil pada okra dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon. Klorofil juga diyakini dapat berperan menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

BERITA REKOMENDASI