Omicron Mengancam, WHO Rekomendasikan Pembatalan Acara Natal

DIREKTUR Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Senin (20/12/2021), merekomendasikan untuk membatalkan acara selama periode hari raya (termasuk Natal) sehubungan dengan meningkatnya kasus varian Omicron dari virus corona di seluruh dunia.

Berbicara pada konferensi pers di Jenewa, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan sementara “kita semua ingin kembali normal,” pemimpin pemerintah dan orang harus membuat “keputusan sulit” untuk “melindungi diri dan orang lain”.

“Dalam beberapa kasus, itu berarti membatalkan atau menunda acara. Lebih baik membatalkan sekarang dan merayakannya nanti daripada merayakan sekarang dan berduka nanti” kata Ghebreyesus, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (22/12/2021).

Ia juga mengecam beberapa negara yang telah memberikan suntikan penguat atau booster kepada orang yang lebih muda sementara orang tua di negara-negara miskin masih belum memvaksinasi orang tua atau kelompok-kelompok rentan.

“Daripada meningkatkan imunitas anak di negara berpenghasilan tinggi, lebih baik memvaksinasi orang tua di negara yang memiliki orang tua yang belum divaksinasi, bahkan vaksin dosis COVID-19 pertama,” kata Ghebreyesus yang menyebut fenomena tersebut sebagai “masalah kesetaraan”.

BERITA REKOMENDASI