Omicron Mengancam, WHO Rekomendasikan Pembatalan Acara Natal

Virus Corona yang tengah jadi perhatian dunia saat ini yakni Varian Omicron menyebar lebih cepat daripada varian Delta, dan menyebabkan infeksi pada orang yang sudah divaksinasi atau yang telah pulih dari penyakit COVID-19, kata kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin 20 Desember 2021.

Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan menambahkan bahwa “tidak bijaksana” untuk menyimpulkan dari bukti awal bahwa Omicron adalah varian yang lebih ringan dari yang sebelumnya. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia.

Dengan jumlah yang meningkat, semua sistem kesehatan akan berada di bawah tekanan,” kata Soumya Swaminathan kepada wartawan yang berbasis di Jenewa.

Varian baru COVID-19 ini berhasil menghindari beberapa respons imun, katanya, yang berarti bahwa program booster yang diluncurkan di banyak negara harus ditargetkan pada orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah.

“Sekarang ada bukti yang konsisten bahwa Omicron menyebar secara signifikan lebih cepat daripada varian Delta,” kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam pengarahan tersebut.

“Dan kemungkinan besar orang yang divaksinasi atau pulih dari COVID-19 dapat terinfeksi atau terinfeksi ulang,” kata Tedros.(*)

BERITA REKOMENDASI