Orang Dewasa Tak Taat Prokes, Kasus Covid-19 pada Anak Naik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Melonjaknya kasus Covid-19 pada gelombang kedua pandemi tidak hanya berdampak pada orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Data nasional menunjukkan konfirmasi Covid -19 pada anak berusia 0-18 tahun mencapai 12,5 persen. Artinya 1 dari 8 kasus konfirmasi Covid-19 adalah anak-anak. Salah satu penyebab tingginya angka infeksi pada anak adalah orang tua kurang disiplin dalam menerapkan dan menjaga prokes. Karena itu sangat penting bagi orang dewasa yang tinggal di rumah dengan anak-anak untuk patuh pada prokes.

Dokter Spesialis Anak mitra Good Doctor, Dr Natasha Ayu Andamari SpA, menjelaskan, penularan Covid-19 pada anak pada umumnya terjadi lewat orang dewasa di sekitarnya yang tidak taat prokes. Misalnya saja tidak segera berganti pakaian dan mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah.

“Orang tua harus tetap waspada dengan mematuhi prokes dan tidak mengajak anak-anak untuk keluar rumah dulu,” ungkapnya di sela webinar Good Doctor bersama TheAsianparent ID, yaitu #GoodTalkSeries, Sabtu (24/7/2021).

BERITA REKOMENDASI