Pakai MSG Berlebih Benarkah Bahayakan Tubuh?

BERDASARKAN studi yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO), konsumsi garam harian yang ideal adalah 5 gram setiap hari. Namun, 5 dari 10 masyarakat Indonesia mengkonsimsi garam lebih dari 5 gram per hari.

Medical Doctor dan Content Creator Kevin Mak mengungkap, kelebihan garam di dalam tubuh bisa menimbulkan sejumlah penyakit seperti hipertensi, diabetes dan stroke. Meski begitu menurut dia, tubuh tetap membutuhkan garam namun dengan takaran ideal yakni tidak lebih dari 5 gramz

“Tubuh kita tetap memerlukan garam setiap harinya. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, meningkatkan kadar gula di daerah dan juga membuat stroke,” ungkap Kevin dalam webinar Peran Umami dalam Mewaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat bareng Katadata, Selasa (5/7/2022).

Kevin menambahkan, konsumsi garam di dalam tubuh bisa dikurangi dengan penambahan Monosodium Glutamate atau yang akrab kita sebut MSG. MSG menurut dia bisa menjaga kadar sodium atau garam rendah dan tidak membahayakan tubuh.

BERITA REKOMENDASI