Pare Ular Musuh Besar Darah Tinggi

Editor: KRjogja/Gus

BAHAN alami berasal dari tanaman berkhasiat cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Pemanfaatan bahan-bahan berkhasiat diyakini termasuk cara yang sederhana untuk membantu mencegah serta mengatasi gangguan kesehatan.

Menurut Ismartono yang mempunyai kebun sayur di kawasan Sidomoyo Sleman menjelaskan, beberapa jenis tanaman sayur sifatnya merambat, antara lain ada pare biasa, pare ular (pare ulo), buncis, mentimun dan kacang panjang. Hasil panenan dari aneka sayur seperti ini diyakini mengandung nilai gizi serta ada khasiat atau manfaat kesehatannya. Termasuk di antaranya dapat mendukung imunitas tubuh.

“Sewaktu kita bercocok tanam di kebun lalu banyak terkena sinar matahari pagi juga bagus untuk kesehatan,” ungkapnya.

Adapun manfaat kesehatan dari pare ular, antara lain diyakini termasuk bahan alami yang ditakuti darah tinggi atau hipertensi. Dengan kata lain, olahan pare ular ketika rutin dikonsumsi akan dapat membantu mencegah maupun mengatasi darah tinggi. Selain itu olahan pare ular, misalnya dibuat sayur atau dibuat minuman jus sayur antara lain mampu membantu meningkatkan nafsu makan. Terutama bagi para lansia, seseorang yang sedang sakit atau pasca sakit biasa menurun nafsu makannya. Sehingga, dengan mengkonsumsi olahan pare ular diharapkan bisa membantu mengatasi hal tersebut. Sedangkan cara pemanfaatan lain, yakni pare dicuci sampai bersih dahulu selanjutnya dilembutkan. Hasilnya ditambah setengah gelas air bersih lalu diaduk dan diperas. Sehari cukup minum satu kali secara rutin.

“Mengingat ada manfaat dari tanaman pare jenis ini, sebaiknya tanaman seperti ini dijaga kelestariannya. Perbanyakan tanaman biasa menggunakan biji-bijinya yang sudah tua,” tambahnya. (Yan)

BERITA REKOMENDASI