Pasangan Anda Mendengkur? Coba Solusi Berikut Ini

MENDENGKUR adalah gangguan nomor satu di kamar tidur pada malam hari. Bahkan, mendengkur bisa menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga loh.

Selain itu, penyimpangan tidur ini bisa mengancam jiwa, baik sosial maupun psikis. Melansir dari technical-idea, pada saat mendengkur suara nafas yang keras muncul di saluran udara bagian atas saat tidur.

Penyebab mendengkur biasanya karena adanya kemacetan anatomi seperti pembengkakan amandel, polip, septum hidung melengkung, atau uvula yang terlalu panjang. Biasanya, peristiwa mendengkur ini dialami oleh pria berusia di atas 50 tahun.

Pada beberapa orang, dengkuran begitu keras sehingga dapat didengar orang lain. Pada yang lainnya, mereka mendengkur namun tidak mengeluarkan suara. Tapi ada pula yang mendengkur sangat jarang karena kondisi tertentu seperti sedang pilek atau flu.

Selain karena getaran, ada beberapa faktor yang membuat suara dengkuran menjadi lebih buruk. Hal itu lantaran saluran udara semakin sempit ketika seseorang tertidur.

Salah satu faktornya adalah obesitas di mana lingkar leher lebih dari 17 inci. Meminum alkohol dan merokok juga dapat menyebabkan saluran napas menyempit yang pada gilirannya meningkatkan risiko mendengkur.

Memang ada beberapa obat seperti penenang dan anti-depresan tertentu yang terbukti memiliki pengaruh terhadap gelombang udara. Alergi pun bisa memperparah dengkuran karena zat seperti serbuk sari dapat menyebabkan hidung tersumbat. Walaupun banyak faktor yang menjadi penyebab mendengkur, beruntung hal ini bisa diatasi.

Kebanyakan orang yang pergi menemui dokter untuk mengatasi dengkuran biasanya disarankan untuk mengubah gaya hidupnya. Contohnya menurunkan berat badan untuk berhenti membuat kebisingan.

Namun, banyak juga orang berusia 30 tahunan atau bahkan 20 tahunan juga mendengkur. Tapi jangan khawatir, sekarang terdapat penemuan alat baru penolong revolusioner, yang dapat mencegah mendengkur.

Alat ini, disebut ring nose, clipple atau silent snore. Berbentuk seperti cincin silikon lembut kecil, yang dibentuk seperti magnet. Alat ini akan merangsang saraf sensorik hidung, dan mencegah supaya tidak terjatuh atau terlepas selama kita tidur.

Menggunakan alat ini, maka lubang hidung akan diperlebar dan mengurangi resistensi pernapasan di hidung, dan membuat udara dapat mengalir lebih baik ke paru-paru melalui hidung. Berbeda dengan chinstraps, alatini sangat sederhana dan tidak mengganggu ketika Anda tidur.

Alat ini mengatur dengkuran ketika tidur, tanpa mengganggu siklus tidur normal. Siklus tidur normal dan sehat harus mencakup setidaknya 25 persen saat tidur nyenyak, dengan menghilangkan mendengkur secara berkelanjutan, dan menjamin tubuh Anda beristirahat dan beregenerasi dengan baik.

 

 

BERITA REKOMENDASI