Pascalebaran, Waspadai Penyakit Ini

Lebaran menjadi momen yang sangat dinanti-nanti oleh umat Muslim setelah satu bulan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kita semua tahu bahwa lebaran Idul Fitri tak hanya berkumpul bersama keluarga, tetapi juga identik dengan makan dan jadwal kegiatan yang tidak biasa sehingga dapat memicu terjadinya sakit.

Berikut beberapa penyakit yang datang pascalebaran akibat berkurangnya kontrol terhadap pola makan atau 'eforia' di hari kemenangan :

Darah tinggi (hipertensi) 

Pasca lebaran orang berumur setengah baya sering sekali datang mengeluh tengkuk terasa kaku, tegang, sakit kepala, pusing, pandangan mata menjadi kabur, mual dan muntah. Pada pemeriksaan dijumpai tekanan darah diatas nilai normal. Pola makan, pola istirahat, dan kondisi lingkungan sekitar menjadi bagian penting pemicu kenaikan darah tinggi saat lebaran ataupun usai lebaran. 

Sebagian besar penderita darah tinggi biasanya akan melonggarkan diet makannya, yang biasanya diet dengan rendah garam dan menjauhi daging hewan berkaki empat di hari lebaran akan makan sesukanya.

Pola istirahat atau waktu tidur yang berkurang dan menjadi tidak teratur, bisa dikarena berbagai alasan, dari yang melayani tamu, berkunjung ke rumah kerabat, berjalan-jalan menikmati libur, sampai yang sibuk karena merapikan rumah, masak-masak dan sebagainya. Kondisi lingkungan yang ramai, tamu yang tak kunjung pulang, bunyi mercun yang bersahut-sahutan juga bisa mempengaruhi peningkatan tekanan darah seseorang. 

Diare 

Selain darah tinggi yang kerap dijumpai usai lebaran adalah keluhan diare atau mencret. Buang air besar yang sering (lebih dari 3 kali) dengan konsistensi encer/cair, bisa disertai mual-muntah dan demam umumnya disebabkan oleh bakteri dan virus pada makanan yang telah terkontaminasi. 

Makan makanan yang dipanasin berulang-ulang, membeli jajanan dari oknum tidak bertanggung jawab terutama melanda kalangan anak-anak yang lepas perhatian orang tua, sesukanya mempergunakan uang yang didapat dari salam tempel untuk membeli makanan tertentu yang belum teruji bebas kuman penyebab penyakit. 

Sakit Maag 

Keluhan utama yang sering dilontarkan adalah nyeri ulu hati, perut terasa penuh, perih, kembung, rasa terbakar, disertai mual dan kadang muntah. Banyak dijumpai di ruang praktek pasca lebaran, kemungkinan dipicu oleh makanan pedas, berbumbu tajam, minuman bersoda yang sering dikonsumsi dihari lebaran. (*)

BERITA REKOMENDASI