Patuhi Protokol Kesehatan Tameng Cegah Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com -Mematuhi protokol kesehatan menjadi tameng paling kuat dalam mencegah Covid-19 .
Oleh karena itu

“Kami mengimbau masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan menaati protokol kesehatan, yaitu memakai masker dengan benar, tidak menurunkan masker di bawah hidung atau di bawah dagu,” kata Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta Sabtu (31/11 2020)

Selain itu jumlah daerah zona oranye terus bertambah dan kini naik lebih dari dua kali lipat. Berdasarkan catatan #SatgasCovid19, jumlah daerah zona oranye Covid-19 per 25 Oktober 2020 telah mencapai 360 kabupaten/kota.

Jumlah tersebut bertumbuh pesat sejak pertama kali penetapan zonasi risiko daerah pada 31 Mei 2020. Pada saat itu, sebanyak 166 kabupaten/kota dinyatakan berada dalam risiko sedang penularan Covid-19 atau zona oranye.

“Target kita bersama, seluruh kabupaten/kota berada di zona kuning dan hijau. Kita tidak boleh merasa puas berada di zona oranye,” ujar Wiku .

Ada 54 daerah tersebut yakni Aceh Tengah, Asahan, Karo, Kota Pematang Siantar, Labuhan Batu, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Toba Samosir, Banyuasin, Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kota Solok, Bintan, Bogor, Demak, Grobogan, Kota Magelang, Purworejo, Sragen, Blitar, Jember, Jombang, Pandeglang, Bantul, Yogyakarta, dan Kulonprogo.

Kemudian, Lombok Barat, Bulungan, Paser, Kapuas, Katingan, Pulang Pisau, Kota Banjarbaru, Tanah Bumbu, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Minahasa Selatan, Gowa, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Sinjai, Buton, Buton Tengah, Kota Bau Bau, Mamuju, Gorontalo Utara, Halmahera Utara, Kota Ternate dan Keerom.

“Ini yang kami sebut sebagai perasaan nyaman tidak berada di zona merah, tetapi berada di zona oranye “jelasnya.

 Hingga
Sabtu (31/10/2020) kasus positif Covid 19 bertambah. Dengan begitu, maka total akumulatif kasus positif di tanah air mencapai 410.088 orang.

Sementara itu, jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19pada hari ini bertambah 3.506 orang. Sehingga total akumulatif kasus sembuh di Indonesia menjadi 337.801 orang.

Sedangkan pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 hari ini bertambah 87 orang. Dengan adanya penambahan itu, maka total akumulatif kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 13.869 jiwa.(ati)

BERITA REKOMENDASI