Pemerintah Fokus Pengembangan Industri Farmasi Produk Natural

KEMENTERIAN Kesehatan mendorong pengembangan industri obat tradisional. Potensi obat tradisional yang ada saat ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional misalnya produksi jamu herbal.

Melalui inpres nomer 6 tahun 2016 tentang percepatan pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan. Pemerintah memfasilitasi perkembangan industru farmasi dan alat kesehatan ke arah produksi natural, termasuk industri obat herbal.

Menteri Kesehatan (menkes) Nila Moeloek mengatakan, salah satu pilar pada program Indonesia sehat adalah paradigma sehat melalui progmotif preventif.

"Pengembangan industri obat tradisional mampu meningkatkan perekonomian kita. Penggunaan obat tradisional telah terbukti digunakan secara turun temurun untuk menjaga kesehatan masyarakat Indonesia," kata Nila dalam acara Simposium Pengembangan Industri Obat Tradisional di Hotel Sheraton, Yogyakarta, Selasa (20/08/2019).

Menurutnya, di era jaminan kesehatan nasional, biaya pelayanan kesehatan meningkat setiap tahunya. Biaya Pelayanan kesehatan JKN tahun 2018 mencapai 94,29 triliin. Oleh karena itu, upaya promotif dan preventif diperlukan untuk menurunkan angka kesakitan dan menekan biaya pelayanan kesehatan.

Menkes juga memberikan tanggapan terkait Akar Bajakah yang disinyalir sebagai obat anti kanker. Menurutnya, harus dilakukan penelitian terlebih dahulu terkait temuan itu. Sebelum nantinya diberikan ke manusia.

"Saat ini yang harus kita lakukan adalah melakukan penelitian terlebih dahulu. Bisa di uji cobakan ke binatang, sebelum nantinya diberikan ke manusia," kata Menkes.

Menkes juga mengapresiasi temuan itu. Apalagi itu adalah karya pelajar asli Kalimantan. "Itu merupakan karya anak bangsa dan kita sangat menghargainya. Apalagi itu termasuk warisan nenek moyang," urainya.

Seperti diketaui, tiga pelajar dari SMAN 2 Palangkaraya Kalimantan Tengah, meraih medali emas di World Invention Creativity Olympic, Seoul, Korea Selatan, 25-27 Juli 2019. Mereka melakukan penelitian tentang Akar Bajakah yang ampuh mengobati kanker payudara.

Direktur kefarmasian dan alat kesehatan kemenkes Engko Sosialine Magdalene mengungkapkan, upaya pengembangan industru dan obat tradisional sangat memerlukan komitmen, dalam pengorganisasian, penggerakan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi dari semua pemangku kepentingan sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab.

"Pengembangan obat tradisional membutuhkan kerjasama antara akademi, pengusaha, pemerintahan, dan komunitas," ucapnya.

Dia menambahkan, industri mampu berperan aktif dalam pengembangan obat tradisional, terutama obat herbal berstandar fitofarmaka, melalui riset dan hilirisasi bahan baku obat tradisional. Dia menyebut perlu dilakukan sosialisasi penggunaan jamu yang merupakan warisan bangsa Indonesia sehingga budaya minum jamur dapat hidup kembali di masyarakat. (Ive)

BERITA REKOMENDASI