Penderita Diabetes Melitus Tipe 1 Boleh Berpuasa? Ini Aturannya

DIABETES Melitus tipe 1 merupakan salah satu dari dua macam jenis penyakit diabetes mellitus. Penyakit ini menyebabkan penderitanya kekurangan insulin, karena kerusakan pada sel beta pankreas. DM tipe 1 menjadi salah satu penyakit endokrin-metabolik yang paling sering terjadi pada anak-anak dan remaja di seluruh dunia.

Salah satu penyebab penyakit ini yaitu karena adanya proses autoimun dan antibodi yang menyerang sel beta pankreas, tapi hal ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

Mengingat penyakit ini tidak dapat disembuhkan, karena si pasien harus tetap menambahkan insulin tambahan ke tubuh mereka, mungkin akan timbul pertanyaan, apakah pasien penderita DM 1 dapat menjalankan puasa di bulan Ramadhan ataupun hari biasa? Menurut penjelasan dr. Bambang Tridjaja, Sp.A(K)., M.M(Paed) selaku spesialis Endokrin Metabolisme dan Diabetes Anak, bahwa sebenarnya anak dengan DM tipe 1 boleh saja melakukan puasa.

“Sebenarnya untuk penderita DM 1 boleh saja melaksanakan puasa. Tapi, untuk usia aman itu 8 tahun keatas, dan itu harus cermat. Jika terjadi gejala hipoglikemia(kadar gula darah terlalu rendah) puasa harus segera dibatalkan,” ujar dr. Bambang saat dijumpai di kawasan Salemba, Selasa (27/03/2018) dalam Seminar Awam Diabetes Melitus Tipe 1.

Mengapa puasa bagi penderita DM tipe 1 baru boleh berpuasa setelah umur 8 tahun? Karena, usia 0 sampai 8 dianggap masih terlalu kecil dan rentan, jika melakukan puasa. Terlebih lagi anak di usia tersebut belum diwajibkan untuk berpuasa, jadi usia 8 tahun ke atas merupakan usia aman untuk menjalankan puasa.

Dokter Bambang juga menambahkan, tindakan-tindakan lain yang perlu dilakukan penderita DM tipe 1 jika tetap ingin berpuasa selama Ramadhan, yaitu:

1.Pasien harus mengerti dengan kondisinya sebagai penderita diabetes

2. Pemeriksaan KAD dan hipoglikemi

3. Pengaturan pola makan dan olah fisik yang sehat

4. Pengaturan dan penyesuaian dosis insulin (dilakukan karena jadwal makan tidak sama seperti biasanya)

5. Monitoring gula darah secara teratur

Tindakan tersebut ditujukan agar penderita DM tipe 1 dapat menjalankan puasa dengan aman dan nyaman. Jika tidak memperhatikan kondisi penyakit tersebut dengan baik, puasa yang biasanya mempunyai manfaat bagi orang dengan insulin normal, dapat berakibat fatal bagi penderita diabetes mellitus tipe 1 ini. (*) 

 

BERITA REKOMENDASI