Penggunaan Deksametason Hanya untuk Pasien Covid-19 Parah

PENGGUNAAN obat Deksametason hanya diperbolehkan untuk pasien Covid-19 yang cukup parah, telah menggunakan ventilator maupun bantuan oksigen, menurut penelitian Universitas Oxford. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri tidak menyarankan obat tersebut digunakan untuk orang sehat dan tanpa resep medis

“Ini sangat penting, obat ini harus digunakan dengan resep medis. Ini bukan untuk kasus ringan. Ini adalah obat anti peradangan yang sangat kuat,” ungkap Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, Dr Michael Ryan dalam konferensi pers yang diikuti KR, Rabu (17/6/2020) malam. Ia menekankan agar obat itu tidak digunakan sembarangan mengingat efek samping yang akan dihasilkan.

“Itu bisa menyelamatkan pasien dengan permasalahan serius di paru-paru. Jadi, ini bukan pengobatan untuk virus itu sendiri. Namun, orang-orang yang cukup kritis dan parah bisa mendapat keuntungan dari Deksametason,” bebernya. Menurut Mike, pihaknya juga menanti uji coba lain soal Deksametason sebelum menganjurkan obat ini ke pasien Covid-19.

BERITA REKOMENDASI