Pentingnya Mengatur Lifestyle untuk Menjaga Kesehatan di Masa Depan

MAHASISWA Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Alma Ata (UAA), Firda Jihan Tianotak dan Imas Esti Kurniasih, menjadi narasumber talkshow, dibawah koordinasi Himpunan Mahasiswa Farmasi (HIMAFA) bersama Radio Saka FM Jogja dalam salah satu program, yaitu “TAHU ISI” edisi kesehatan dengan tema Pentingnya Lifestyle untuk Menjaga Kesehatan di Masa Depan.

“Gaya hidup terbagi menjadi 2, yaitu gaya hidup sehat dan tidak sehat. Gaya hidup atau lifestyle merupakan pola hidup seseorang dalam menjalani aktivitas sehari-hari tanpa adanya gangguan dalam bentuk fisik maupun non fisik. Gaya hidup yang tidak sehat sering kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, mengkonsumsi makanan cepat saji, jarang mengkonsumsi buah segar dan sayuran dan berat badan berlebih atau kurang dari berat badan ideal,” jelas Firda Jihan Tianotak.

Lifestyle seseorang dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal yang berasal dari individu meliputi sikap, pengalaman atau pengamatan dan persepsi sedangkan faktor eksternal atau faktor yang bukan berasal dari individu itu sendiri meliputi keluarga, lingkungan sosial dan budaya.

“Hal-hal kecil yang bisa dilakukan dalam menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, mengkonsumsi sayur dan buah segar setiap harinya, mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak, gula atau garam, mengatur stress agar selalu tenang berpikir positif, menjaga berat badan dalam batas normal mengkonsumsi air putrih 1,5 sampai 2 liter per hari, istirahat yang cukup dan tidak merokok,” terang Imas Esti Kurniasih.

Selain mengatur pola hidup sehat, perlu juga melakukan pemeriksaam kesehatan karena merupakan salah satu upaya promotif dan prevenstif untuk masyarakat, upaya pengendalian ini dilakukan segera di tingkat individu, keluarga dan masyarakat. (*)

BERITA REKOMENDASI