Pentingnya Tahu Saturasi Oksigen di Tubuh, Bisa Pantau Lewat Jam Tangan Pintar

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Melonjaknya kasus harian Covid-19 belakangan ini, membuat semakin banyak orang peduli dan khawatir dengan kesehatan diri. Rumah sakit yang mulai kewalahan, membuat tak sedikit warga yang mengambil langkah pencegahan agar tidak sakit.

Asupan vitamin dan melakukan aktivitas olahraga menjadi langkah nyata yang dilakukan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Namun, di sisi lain, perangkat penunjang kesehatan mulai mendapat perhatian dari khalayak luas.

Salah satunya jam tangan pintar yang bisa memantau tanda-tanda kesehatan vital, seperti detak jantung dan tingkat saturasi oksigen dalam darah. Pasalnya, kekurangan oksigen dalam darah dapat berakibat fatal bahkan hingga menyebabkan kematian sehingga harus diidentifikasi sejak dini.

“Tanda-tanda yang bisa diperhatikan bahwa tubuh sedang kekurangan oksigen diantaranya sesak napas, pusing, batuk-batuk, jantung berdetak cepat, serta kulit terlihat lebih pucat. Untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Berolahraga juga dapat membentuk pembuluh darah baru sehingga memperlancar peredaran oksigen ke seluruh tubuh,” ungkap dr. Monica Surjanto, Sp.KO, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dalam rilis tertulis, Selasa (29/6/2021).

BERITA REKOMENDASI