Penularan Covid-19 dalam Keluarga Jadi Fenomena

PENULARAN Covid-19 dalam keluarga menjadi fenomena di Kota Yogya. Pasalnya, selain terjadi pada klaster penjual Soto Lamongan yang sudah ditemukan 11 kasus positif, penularan serupa juga terjadi di sedikitnya enam keluarga lain dengan konfirmasi positif antara 4 hingga 8 orang dalam satu keluarga.

“Fenomena paling banyak ialah penularan dalam keluarga. Ini mengindikasikan dalam keluarga rentan penularan. Setelah itu dalam lingkungan kerja. Sedangkan penularan dari wisata, sejauh ini belum kami temukan,” urai Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, Senin (31/8/2020).

Hingga saat ini total ada 38 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Yogya. Lima orang di antaranya dirawat di rumah sakit, dan selebihnya menjalani isolasi mandiri. Sedangkan penularan dalam keluarga ditemukan satu keluarga di Warungboto, satu keluarga di Kraton, dua keluarga di Ngampilan dan dua keluarga di Gondokusuman.

Khusus pada klaster penjual Soto Lamongan, Heroe menjelaskan, sejauh ini belum ditemukan penularan di luar keluarga tersebut. Akan tetapi pihaknya masih menunggu hasil uji swab terhadap enam orang lainnya yang merupakan keluarga serta tetangga dekatnya. “Saat ini satu RT di sana menerapkan lockdown hasil keputusan di tingkat wilayah. Jadi interaksi keluar masuk di sana dibatasi,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI